Share

Bukan Pencitraan Belaka, Survei: Kinerja Moncer Jadi Alasan Elektabilitas Prabowo Kokoh

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 09 September 2022 18:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 09 337 2664461 bukan-pencitraan-belaka-survei-kinerja-moncer-jadi-alasan-elektabilitas-prabowo-kokoh-Fy5HexeAJ8.jpg Prabowo Subianto. (Foto: Okezone.com)

JAKARTA - Persaingan tokoh potensial menuju Pilpres makin hangat, setidaknya tiga tokoh potensial selalu dominan yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Meski demikian, Prabowo masih unggul dibandingkan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Survei Indostrategi Research and Consulting yang dirilis Jumat (9/9/2022) menunjukkan elektabilitas tiga besar masih dipuncaki oleh Prabowo dengan 31,3%, Ganjar dan kemudian Anies.

Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Iman mengatakan hal ini menarik disoroti di tengah situasi saat ini di mana parpol menggalang poros politik dan tokoh potensial nonparpol mendekati parpol.

“Setidaknya ada dua hal mengapa Prabowo unggul. Hal ini dipicu deklarasi poros Gerindra dan PKB selain kinerjanya dianggap baik oleh publik. Sementara, Ganjar dan Anies mengalami stagnasi, karena publik belum melihat kinerja yang moncer,” kata Arif.

 Baca juga: Dua Faktor Mengapa Prabowo Duduki Puncak Elektabilitas Capres 2024

Arif mengatakan bahwa fenomena ini boleh jadi terjadi, karena publik cenderung tidak mempan dengan konten di media sosial.

“Mereka menyadari bahwa apa yang dipertontonkan dari konten-konten yang diunggah di medsos oleh beberapa tokoh yang berhasrat menjadi Capres belum tentu mencerminkan kondisi yang sebenarnya, hanya berupa pencitraan untuk meraih simpati dan dukungan,” ujar Arif

Pemilih terbesar Prabowo berasal dari pemilih Parpol Gerindra(14,7%), PDIP (4,1%), PKB (3,5%), Perindo (1,5%) dan Golkar (1,2%). Pemilih Gerindra cenderung solid dukungannya terhadap Prabowo.

Follow Berita Okezone di Google News

“Tampaknya pernyataan Sandi yang siap menyatakan diri menjadi capres tidak berimbas sama sekali terhadap pemilih Prabowo dan Gerindra,” katanya.

Survei ini dilaksanakan pada 29 Agustus-5 September 2022 melalui wawancara langsung terhadap 1.230 responden yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah dengan margin of error +/- 2,8% pada tingkat kepercayaan 95%. Pencuplikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini