Share

5 Fakta Azwar Anas, Menteri PANRB Baru yang Gantikan Tjahjo Kumolo

Tim Okezone, Okezone · Kamis 08 September 2022 06:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 07 337 2662731 5-fakta-azwar-anas-menteri-panrb-baru-yang-gantikan-tjahjo-kumolo-iiRhulsk1W.png Abdullah Azwar Anas dilantik jadi MenPAN-RB (Foto : Biro Pers Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Azwar Anas sebagai MenPAN-RB menggantikan Tjahjo Kumolo yang meninggal dunia, Rabu (7/9/2022).

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta. Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 91P tahun 2022 Tentang pengangkatan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

Berikut sejumlah fakta terkait Azwar Anas:

1. Punya Harta Rp16,3 Miliar

Mengutip LHKPN, Abdullah Azwar Anas memiliki total kekayaan Rp16,3 miliar. Laporan harta kekayaan tersebut tercatat pada 31 Maret 2022.

Harta Azwar Anas terbagi dari tanah dan bangunan Rp4,8 miliar, alat transportasi Rp180.000, harta bergerak lainnya Rp146.350 dan surat berharga Rp5,97 miliar.

Kas dan setara kas Rp4,5 miliar dan harta lainnya Rp680 juta.

2. Banyuwangi Menggema di Dunia Maya

Dalam pelantikan yang dihadirkan juga secara daring, banyak netizen yang menggaungkan nama Banyuwangi sebagai sebua kebanggaan. Diketahui, Azwar Anas merupakan mantan Bupati Banyuwangi periode 2010 - 2021. Kemudian, ia ditunjuk untuk menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sejak 13 Januari 2022.

"Sukses selalu buat bapak Azwar Anas, Banyuwangi bangga padamu pak," kata akun DG Channel.

"Putra Banyuwangi," kata akun Fathur Rohim.

3. Jejak Karier Azwar Anas

Abdullah Azwar Anas saat ini tengah menjabat sebagai Kepala LKPP sejak Januari 2022.

Sebelum di LKPP, Azwar Anas adalah Bupati Banyuwangi selama dua periode (21 Oktober 2010-17 Februari 2021).

Di Banyuwangi, ada juga program Smart Kampung yang mendorong penggunaan teknologi dalam pelayanan publik berbasis desa. Nama Azwar Anas juga sempat mencuat sebagai salah satu kandidat Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) yang disebut Presiden Jokowi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

4. Sumpah Azwar Anas

Dengan dilantiknya sebagai MenPAN-RB, Azwar Anas pun harusbersedia diambil sumpah jabatannya oleh Presiden Jokowi

"Bersediakah saudara untuk diambil sumpah menurut agama islam?" kata Presiden Jokowi saat Pelantikan Rabu (7/9/2022).

"Bersedia," kata Azwar Anas.

β€œDemi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan Undang-Undang dengan selurus-lurusnya. Demo Dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjujung etika jabatan berkerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” demikian kutipan pengambilan sumpah yang dibacakan Presiden Jokowi yang diikuti oleh Azwar Anas.

5. Alasan Jokowi Lantik Azwar Anas

Presiden Jokowi mengungkapkan alasannya memilih Abdullah Azwar Anas sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB). Menurut Jokowi, Azwar memiliki kemampuan yang mumpuni apalagi pernah menjadi Bupati Banyuwangi.

"Kita semua tahu pak Azwar Anas track recordnya jelas, waktu memegang birokrasi di Banyuwangi," ujar Jokowi usai pelantikan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Jokowi menjelaskan, bahwa Azwar memiliki inovasi-inovasi yang baik di bidang pelayanan publik.

"Banyak sekali yang saya lihat, saya lihat langsung ke sana inovasi-inovasi di bidang pelayanan publik, inovasi-inovasi di urusan KTP, urusan perizinan, dan bisa dilakukan di pasar di mall, saya kira beliau termasuk yang pertama saat itu. Sehingga track record itu yang menyebabkan kita memilih pak Azwar Anas," kata Jokowi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini