Share

Jabat Menteri PPN, Bagaimana Nasib Suharso Usai Dipecat sebagai Ketum PPP?

Riana Rizkia, MNC Portal · Senin 05 September 2022 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 05 337 2661045 jabat-menteri-ppn-bagaimana-nasib-suharso-usai-dipecat-sebagai-ketum-ppp-GgzVD5pzvl.jpg Foto: Okezone

JAKARTA - Pengamat Politik Centre for Indonesia Strategic Actions (CISA) Herry Mendrofa menilai bahwa setelah dicopot sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), namun posisi Suharso Monoarfa sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) tetap aman.

(Baca juga: Sebelum Diberhentikan, PPP Sempat Tunggu Pengunduran Diri Suharso)

Mengingat, kata Herry, pencopotan menteri berada di tangan presiden. Sedangkan menurutnya, pemberhentian Suharso sebagai ketum PPP karena memiliki masalah internal partai, dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak mungkin memasuki hal tersebut.

"Jokowi kan tidak mungkin sampai masuk pada konstelasi internalnya PPP, itu adab politik ya," kata Herry kepada MNC Portal, Senin (5/9/2022).

Dikatakan Herry, meskipun Suharso harus mundur dari jabatannya sebagai menteri karena sudah mendapat kecaman dari umat islam, namun semua kembali lagi ke keputusan Presiden Jokowi.

"Itu kan usulan PPP, yang memilih Menteri kan bukan PPP tapi Jokowi, artinya meskipun etikanya Suharso harus mundur ini juga kembali ke Jokowi," ucapnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Kegaduhan yang sempat dibuat Suharso soal 'amplop kyai' membuat dirinya dikecam beberapa lapisan masyarakat, terutama para santri dan kyai. Mereka meminta Suharso untuk mundur dari dari Ketua Umum PPP dan Menteri Bappenas.

Namun, kata Herry, masyarakat juga harus mengetahui bahwa jabatan antara ketua umum partai dan menteri merupakan dua hal yang berbeda. "Beda hal soal kursi menteri ini jadi hak prerogratif Presiden mesti dipisahkan juga," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini