Share

3 Kasus Kecelakaan dengan Korban Jiwa Siswa Terbanyak, Tragedi Paiton hingga Bekasi

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Senin 05 September 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 04 337 2660724 3-kasus-kecelakaan-dengan-korban-jiwa-siswa-terbanyak-tragedi-paiton-hingga-bekasi-aGp5AwW4XL.jpg Illustrasi (foto: Freepick)

JAKARTA - Penghujung bulan Agustus 2022 menjadi duka bagi warga Kranji, Bekasi saat kecelakaan maut terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III, di Jalan Sultan Agung, Kranji, Bekasi, Jawa Barat.

Akibat kecelakaan ini, 11 orang meninggal dunia. Dari 20 orang lebih anak sekolah yang menjadi korban dalam kecelakaan, 7 orang di antaranya meninggal dunia.

 BACA JUGA:Tewaskan 3 Orang, Sopir Kecelakaan Maut di Tol Solo-Semarang Melarikan Diri

Berikut rangkuman kecelakaan dengan korban anak sekolah terbanyak yang diolah dari berbagai sumber :

1. Oktober 2003, 54 Siswa SMK Tewas dalam Tragedi Paiton

 

Kecelakaan maut menewaskan 54 orang siswa SMK Yayasan Pembina Generasi Muda (Yapemda) 1 Sleman, Yogyakarta. Peristiwa bus terbakar itu terjadi di daerah sekitar PLTU Paiton yang hingga akhirnya dikenal dengan Tragedi Paiton.

 BACA JUGA:Kecelakaan Beruntun di Sitinjau Lauik, Truk Tangki Pertamina Tabrak Sejumlah Mobil

Tragedi berawal ketika siswa SMK Yapemda 1 Sleman akan melakukan karya wisata ke Bali. Pada 8 Oktober 2003 malam, rombongan siswa tersebut dalam perjalanan pulang ke Sleman dengan bus AO Transport.

Kecelakaan terjadi saat bus melewati tanjakan di tikungan Jalan Raya Surabaya-Banyuwangi, Banyu Blugur, Situbondo, Jawa Timur, yang tidak jauh dari PLTU Paiton. Ketika itu truk kontainer tiba-tiba memotong jalur serta langsung menabrak bagian depan bus yang ditumpangi rombongan siswa. Lalu bagian belakang bus juga dihantam oleh truk tronton.

Tabrakan pertama di bagian depan bus memunculkan api yang dipicu dari tangki bahan bakar. Api di depan bus membuat panik penumpang, sehingga mereka berlari ke belakang. Namun sayangnya, pintu bagian belakang tidak dapat dibuka lantaran tertabrak truk tronton.

Penumpang juga terjebak di dalam bus karena tidak alat pemecah kaca. Korban tewas karena terbakar di dalam bus.

 

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

2. Februari 2020,

Lima orang siswa menjadi korban kecelakaan bus sekolah di Jalan Raya Tayan Batang Tarang KM 16, Desa Tebang Benua Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

Empat siswa yang berada di dalam bus ini mengalami luka-luka, sedangkan satu siswa lainnya meninggal dunia di lokasi kejadian.

Kapolsek Tayan Hilir Iptu Sagi menjelaskan, kecelakaan tersebut berawal saat dump truk yang dikemudikan Nurhadi melaju di Jalan Raya Tayan-Batang Tarang dari arah Kecamatan Balai ke Simpang Amar, Tayan Hilir.

Ketika di KM 16, Nurhadi melihat terdapat dump truk lainnya yang meluncur perlahan. Nurhadi pun berusaha mendahului, namun ketika akan mendahului truk lainnya terdapat bus sekolah yang sedang berbelok arah. Hingga akhirnya terjadi kecelakaan antara truk dengan bus yang berisi anak sekolah.

3. Agustus 2022, Kecelakaan Maut di Depan Sekolah

Sebuah truk trailer menabrak tiang BTS (base transceiver station) hingga roboh dan menimpa kendaraan. Kecelakaan tersebut terjadi di depan SDN Kota Baru II dan III, Jalan Sultan Agung, Kranji, Bekasi, Jawa Barat.

Kecelakaan terjadi ketika truk trailer yang mengangkut besi itu datang dari arah Kranji lalu tiba-tiba menabrak kendaraan yang kemudian menghantam. Saat itu, halte sedang dipenuhi oleh anak anak sekolah dasar.

Setelah menabrak kendaraan dan halte, truk tersebut melibas tiang BTS yang berada di pinggir jalan. Tiang itu pun roboh dan menimpa mobil yang berada di seberangnya. Akibat kejadian ini, 11 orang meninggal dunia. Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, dari 20 orang lebih anak sekolah yang menjadi korban dalam kecelakaan, 7 orang di antaranya meninggal dunia.

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini