Share

Protes dalam Sidang Korupsi Minyak Goreng, Lin Che Wei: Saya Tidak Paham Dakwaan Ini!

Martin Ronaldo, MNC Portal · Rabu 31 Agustus 2022 18:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 337 2658399 protes-dalam-sidang-korupsi-minyak-goreng-lin-che-wei-saya-tidak-paham-dakwaan-ini-tXr8aKItWV.jpg Lin Che Wei/ MNC Portal

JAKARTA - Lin Che Wei melakukan aksi protes terkait dakwaan yang menjerat dirinya oleh Jaksa mengenai jabatan dan peran nya dalam kasus korupsi minyak goreng. Sebelumnya, jaksa mendakwakan Lin Che Wei memberikan fasilitas dalam ekspor crude palm oil atau bahan baku minyak goreng.

Awalnya, Majelis Ketua Hakim pada persidangan kali ini yakni, Liliek Prisbawono Adi sempat bertanya kepada yang bersangkutan tentang dakwaan yang diajukan oleh jaksa penuntut umum.

 (Baca juga: Saktinya Lin Che Wei Atur dan Lobi Kasus Minyak Goreng di Kemendag Bermodal Pertemanan)

Sebelumnya, Liliek juga sempat mempertanyakan hal yang sama kepada Direktur Jendral Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan RI, Indra Sari Wisnu Wardhana.

"Saudara wisnu apakah mengerti apa yang dibacakan?," ujar Ketua Majelis Hakim saat bertanya kepada para terdakwa di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Rabu (31/8/2022).

"Mengerti," jawab Wisnu.

Kemudian, Majelis Hakim juga bertanya yang sama kepada Master Parulian hal yang sama.

"Saudara master parulian apakah saudara mengerti?," ujar Ketua Hakim

"Mengerti," jawabnya.

Liliek pun bertanya kepada Lin Che Wei terkait dakwaan yang dibacakan oleh jaksa penuntut umum kepada dirinya, ia pun mengaku kurang mengerti.

"Tidak mengerti pak hakim," katanya.

Ketua Hakim pun akhirnya meminta kepada jaksa penuntut umum untuk menjelaskan kembali dakwaan yang disangkakan kepada dirinya, setelah mendapatkan keterangan dari jaksa, ia masih tetap belum mengerti terkait dakwaan yang dibacakan.

"Ada beberapa point yang saya tidak mengerti," ujar Lin.

Kalau poin-poinnya Saudara akan dalam pemeriksaan berikutnya, tapi secara garis besar apa yang didakwakan perbuatan Saudara apakah Saudara mengerti?" tanya hakim.

"Tidak mengerti Pak," jawab Lin Che Wei.

Liliek pun meminta agar jaksa kembali membaca kesimpulan dakwaan untuk dapat meyakinkan yang bersangkutan mengerti terkait dakwaan yang disampaikan oleh dirinya.

Follow Berita Okezone di Google News

"Kerugian keuangan negara tersebut merupakan akibat langsung dari terjadinya penyimpangan dalam bentuk penyalahgunaan fasilitas PE, produk CPO dan turunannya dengan memanipulasi pemenuhan persyaratan DMO/DPO,"ujar jaksa.

"Dengan tidak disalurkannya DMO dan negara harus mengeluarkan dana BLT dalam rangka mengurangi beban rakyat selaku konsumen. Kerugian keuangan negara tersebut mencakup beban yang terpaksa ditanggung pemerintah dalam bentuk penyaluran BLT, tambahan khusus minyak goreng untuk meminimalisasi beban 20,5 juta rumah tangga tidak mampu akibat kelangkaan,"sambung jaksa.

Lin pun bersikeras tidak memahami terkait dakwaan yang disampaikan oleh jaksa penuntut umum kepada dirinya, pasalnya ia beranggapan jaksa telah mencapuradukan antara kasus yang sedang ia jalani dengan jabatan yang ada.

"Saya tidak paham dengan dakwaan ini, karena pertama, penuntut umum mencampuradukkan kedudukan saya, seperti yang tadi yang saya sebutkan, bahwa jabatan saya adalah tim asistensi yang menjadi mitra diskusi, namun selama ini di dalam identitas dan semua pertanyaan disebutkan bahwa saya konsultan tanpa kontrak," kata Lin Che Wei.

Hakim pun akan mempertimbangkan terkait protesnya tersebut dalam pemeriksaan-pemeriksaan berikutnya.

Lin pun langsung mengajukan eksepsi melalui kuasa hukumnya atas dakwaan yang ditujukan kepada dirinya. Tak hanya Lin, empat orang lainnya juga turut serta mengajukan keberatan atas dakwaan yang disampaikan kepada mereka semua.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini