Share

Terima Kunjungan PKC, Ketum Golkar: China Komitmen Terus Investasi di Indonesia

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 31 Agustus 2022 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 31 337 2658390 terima-kunjungan-pkc-ketum-golkar-china-komitmen-terus-investasi-di-indonesia-J8beeCf19o.jpg Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto terima kunjungan PKC (Foto : MPI)

JAKARTA - Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) yang juga Menko Perekonomian RI, Airlangga Hartarto mengatakan China terus berkomitmen untuk melakukan investasi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Airlangga usai menerima kunjungan Minister International Department Komite Sentral Partai Komunis China (PKC), Mr Liu Jianchao di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi Jakarta Barat pada Rabu (31/8/2022) sore.

Kerja sama serta investasi yang akan didukung Cina disebutkan Airlangga Hartarto akan disesuaikan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

"Dan juga mengenai perencanaan perkembangan pembangunan 10-20 tahun ke depan dan ini sejalan dengan rencana pembangunan Indonesia tahap berikutnya setelah RPJMN 2000-2025 tentu Indonesia membahas RPJMN yang terkait dengan 2025 -2035 dan 2035-2045 hingga saat Indonesia emas," kata Airlangga Hartarto.

Dalam pertemuan tersebut Airlangga Hartarto juga menyinggung bagaimana dalam pengembangan perekonomian kedepan China terus mengupayakan agar kesejahteraan sosial masyarakatnya semakin meningkat.

"Dan ini tidak berbeda dengan apa yang diupayakan oleh Indonesia di mana upaya pembangunan Indonesia adalah untuk kesejahteraan dari masyarakat dan juga tentunya akan membuat perekonomian Indonesia ke depan menjadi perekonomian yang lebih maju lagi," ujar Airlangga Hartarto.

Kemudian terkait dengan kerjasama antar Partai Golkar dan PKC, Airlangga mengungkapkan pihaknya membicarakan terkait dengan kongres Partai Komunis Cina pada bulan Oktober 2022 mendatang.

"Dan partai-partai politik hampir seluruhnya komitmen untuk menjaga stabilitas politik kita bisa angkat pembangunan. Sehingga investasi-investasi Cina yang bersifat jangka panjang terutama China adalah investor ketiga terbesar di Indonesia itu untuk tidak menunggu silakan berlanjut," ungkap Airlangga Hartarto.

Partai Golkar kata Airlangga akan terus berkomitmen menjaga kesinambungan kerja sama dengan China.

"Di samping itu pemerintah juga sudah mengembangkan yang namanya kawasan ekonomi khusus (KEK) yang berbasis kepada undang-undang jadi memberi penjaminan jaminan investasi jangka panjang," jelasnya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Selain mendorong kerjasama diplomatik antar kedua negara dan kerja sama antar partai politik Airlangga mengungkapkan akan melanjutkan pertukaran kader partai politik untuk belajar.

"Dimana Partai Golkar mengirim kadernya ke China dan tentu dengan adanya Golkar Institut tadi dibahas untuk di diperluas dalam bentuk seminar baik yang offline maupun online melalui Golkar Institute," terang Airlangga Hartarto.

Selain itu, pihaknya juga terus melanjutkan pertukaran pelajar dan para politisi baik dari Cina dikirim ke Indonesia maupun sebaliknya agar masing-masing pihak dapat lebih mengetahui kebudayaan dan kultur serta perkembangan pembangunan kedua belah negara.

Selanjutnya Partai Golkar sendiri sudah mempunyai MOU dengan PKC terkait sejumlah kegiatan.

"Berikutnya rencana aksi dari berbagai kegiatan yang terkait dengan pengembangan SDM akan terus dilakukan. Partai Golkar juga minta dukungan dari pada Partai Komunis China untuk tetap menjaga investasi yang ada di Indonesia. Stabilitas politik Indonesia selama 20 tahun terjaga dengan sistem politik yang ada di Indonesia," tutup Airlangga Hartarto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini