Share

5 Hobi Gus Dur yang Tidak Banyak Orang Tahu, Termasuk Catur dan Menonton Bioskop

Widi Agustian, Okezone · Senin 29 Agustus 2022 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 29 337 2656662 5-hobi-gus-dur-yang-tidak-banyak-orang-tahu-termasuk-catur-dan-menonton-bioskop-d8JoKjsvea.jpg Gus Dur. (Foto: Perpusnas)

JAKARTA - Abdurrahman Wahid atau Gus Dur menjabat sebagai presiden mulai 20 Oktober 1999 hingga 24 Juli 2001. Beliau menjabat Presiden RI ke-4.

Gus Dur sendiri lahir tanggal 4 Agustus 1940 di desa Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Gus Dur adalah putra pertama dari enam bersaudara.

Sang ayah adalah pendiri organisasi besar Nahdlatul Ulama, yang bernama KH Wahid Hasyim. Sedangkan Ibunya bernama Hj Sholehah adalah putri pendiri Pesantren Denanyar Jombang, KH Bisri Syamsuri.

Dari perkawinannya dengan Sinta Nuriyah, mereka dikarunia empat orang anak, yaitu Alissa Qotrunnada Munawaroh, Zannuba Arifah Chafsoh, Annita Hayatunnufus, dan Inayah Wulandari .

Ada beberapa hobi yang dilakoni oleh Gus Dur, berikut seperti dilansir dari Perpusnas.

1. Membaca

Sejak masa kanak-kanak, Gus Dur mempunyai kegemaran membaca dan rajin memanfaatkan perpustakaan pribadi ayahnya. Selain itu beliau juga aktif berkunjung keperpustakaan umum di Jakarta. Pada usia belasan tahun Gus Dur telah akrab dengan berbagai majalah, surat kabar, novel dan buku-buku.

2. Sepak bola

Di samping membaca, beliau juga hobi bermain bola. Bahkan Gus Dur, pernah diminta untuk menjadi komentator sepak bola di televisi.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

3. Catur

 

4. Musik

 

5. Menonton bioskop

Kegemaran lainnya, yang ikut juga melengkapi hobinya adalah menonton bioskop. Kegemarannya ini menimbulkan apresiasi yang mendalam dalam dunia film. Inilah sebabnya mengapa Gu Dur pada tahun 1986-1987 diangkat sebagai ketua juri Festival Film Indonesia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini