Share

Survei Indikator Politik: Mayoritas Publik Percaya Kapolri Usut Kasus Brigadir J Sesuai Perintah Presiden

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Kamis 25 Agustus 2022 14:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 25 337 2654348 survei-indikator-politik-mayoritas-publik-percaya-kapolri-usut-kasus-brigadir-j-sesuai-perintah-presiden-MGAsj67yca.jpg Kapolri Listyo Sigit/ Foto: MNC Portal

JAKARTA - Sebagian besar masyarakat meyakini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tegak lurus dengan arahan Presiden Jokowi untuk mengusut kasus pembunuhan Brigadir J secara tuntas dan transparan. Hal itu terpotret dari hasil survei Indikator Politik Indonesia.

Survei itu melibatkan 1.229 responden. Proses pengambilan data dilakukan melalui metode wawancara via telepon. Adapun, pelaksanaan survei dilakukan sepanjang 11-17 Agustus 2022.

 BACA JUGA:Tumpahan Minyak Penuhi Lepas Pantai Lima, Peru Tuntut Repsol Rp67 Triliun

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi berkata, sebanyak 86,6% responden menyatakan tahu akan instruksi Presiden Joko Widodo terhadap Kapolri untuk tangani kasus Brigadir J secara tuntas dan transparan.

"Dari jumlah itu, mayoritas cukup/sangat percaya 68,3% bahwa Kapolri hingga sejauh ini sudah mengusut kasus tewasnya Brigadir J sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo," kata Burhanuddin saat konfrensi pers melalui virtual, Kamis (25/8/2022).

Sementara itu, sebanyak 52,6% responden juga sangat setuju dengan arahan Presiden Joko Widodo kepada Kapolri terkait kasus tersebut.

 BACA JUGA:Puluhan Tahun Kenal, Hotman Paris Bersaksi: Prabowo Pemimpin yang Baik

Lebih lanjut, Burhanuddin mengungkapkan hasil survei mayoritas warga percaya Kapolri akan mengusut kasus itu secara objektif, transparan, dan bisa dipertanggungjawabkan. Setidaknya, ada 73% responden mengetahui pernyataan Kapolri terkait penanganan kasus itu.

Follow Berita Okezone di Google News

"Di antara warga yang mengetahui kasus tersebut, mayoritas percaya janji Kapolri akan mengusut tuntas kasus secara objektif, transparan, dan akuntabel dengan mengedepankan pembuktian ilmiah, scientific crime investigation, 65.7%," terang Burhanuddin

Sebagai informasi, survei ini dilaksanakan pada 11-17 Agustus 2022. Adapun margin of error sekitar 2,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini