Share

KLHK Paparkan Strategi Realisasikan Program Penurunan Emisi Karbon

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Rabu 24 Agustus 2022 00:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 24 337 2653232 klhk-paparkan-strategi-realisasikan-program-penurunan-emisi-karbon-0NwC8L0VVZ.jpg KLHK paparkan program penurunan emisi karbon di Lampung (Foto: Antara)

JAKARTA - Pemerintah terus mendorong dan merealisasikan program penurunan emisi sebagai langkah kongkrit atas kesepakatan dunia internasional. Hal ini ditandai dengan adanya sosialisasi di berbagai wilayah Indonesia oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK-RI).

Indonesia Forestry and Other Land Uses (FOLU) Net-Sink 2030 merupakan suatu kondisi di mana tingkat serapan karbon sektor kehutanan dan penggunaan lahan lainnya sudah berimbang atau bahkan lebih tinggi dari tingkat emisi yang dihasilkan sektor tersebut pada tahun 2030.

"Jadi ini merupakan komitmen  pemerintah Indonesia melalui Forest and Other Land Uses Sink atau FoLU Net Sink 2030," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanab dan Tata Kelola Lingkungan (PKTL) Kementerian LHK, Hanif Faisol dilansir Antara, Rabu (24/8/2022).

Ia menambahkan bahwa saat ini program tersebut sudah pada tahap perencanaan operasional. "Jadi kita sudah tidak lagi bicara soal rencana aksi, melainkan sudah kepada operasional," tambahnya.

Baca juga: Environment Deputies Meeting G20 2022 Soroti Penurunan Emisi Karbon

Pada kesempatan tersebut, Hanif menyatakan apresiasinya terhadap Pemprov Lampung atas dukungan pemerintah terhadap program FoLU Net Sink 2030.

"Kami sangat mengapresiasi Pemprov Lampung yang telah melakukan akselerasi dan langkah-langkah dalam mengimplementasikan program nasional ini," tukasnya.

Baca juga: PUPR Bangun 50 Ribu Rumah Green Building, Berikut Lokasinya

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menyebutkan, bahwa pihaknya juga telah memiliki program mengenai penurunan emisi.

"Kita mendukung penuh program ini, dan telah ditetapkan melalui Peraturan Gubernur No 32 a, Tahun 2012. Hal ini tentunya kami lakukan, selain mendukung pemeintah pusat, tapi juga kami menyadari bahwa penurunan emisi bukan lagi menjadi isu internasional, melainkan persoalan lokal," jelasnya.

Baca juga: Targetkan Nol Emisi Karbon, RI Percepat Bangun Pembangkit Listrik Panas Bumi

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini