Share

4 Kasus Pembobolan ATM, Belajar dari Youtube hingga Pelakunya Polisi

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Rabu 24 Agustus 2022 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 23 337 2652797 4-kasus-pembobolan-atm-belajar-dari-youtube-hingga-pelakunya-polisi-ktqvRGQwrt.jpeg Ilustrasi (Foto: Dok Okezone)

KASUS-kasus pembobolan ATM masih saja terjadi di masyarakat. Beragam cara dilakukan pelaku untuk bisa membobol ATM, mulai dari mengganjal lubang kartu hingga menjebol mesin ATM. 

Berikut kasus pembobolan di tahun ini dengan motif dan tempat aksi yang berbeda:

1. Pelakunya Polisi 

Aksi pembobolan sebuah bank BUMN di depan Kantor Pengadilan Agama Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan tertangkap basah oleh warga pada Minggu 14 Agustus 2022. Meskipun aksi tersebut diketahui masyarakat sekitar, masyarakat tidak berani mendekat ke lokasi pembobolan, mereka hanya merekam aksi tersebut.

Diketahui, sekelompok pembobol beraksi dengan menggunakan sebuah mobil Taft berwarna hitam dengan plat nomor BG 1298 AR. Cara yang mereka gunakan adalah dengan menarik mesin ATM dengan menggunakan mobil hingga jebol.

Namun, pada akhirnya mereka tidak berhasil mengangkut mesin tersebut dan lebih memilih untuk kabur menyelamatkan diri dan meninggalkan mobil dan mesin tersebut. Melihat situasi ini, secara sigap Tim Macan Polres Lubuklinggau kemudian langsung bergerak mengejar para pelaku pembobolan.

Setelah berhasil menangkap para pelaku, ternyata salah satu dari pelaku merupakan seorang anggota Polres Empat Lawang, yaitu Briptu MKS (26). Briptu MKS mengaku nekat melakukan aksi pembobolan karena terdesak dan membutuhkan uang untuk membayar utang judi onlinenya.

2. Sindikat Pembobolan ATM Lintas Provinsi

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sumsel berhasil meringkus Sindikat Pembobolan ATM Lintas Provinsi, Kamis 4 Agustus 2022. Dalam waktu dua hari, sindikat ini mampu menjebol 26 mesin ATM.

Sindikat ini terdiri dari lima orang, tiga di antaranya adalah Imron (46), Maryadi (32) dan Arwansyah (32). Tiga pelaku tersebut berhasil ditangkap oleh anggota Unit I Subdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sumsel di sebuah penginapan dan apartemen di kawasan Ciputat, Jakarta Selatan. Sedangkan pelaku lainnya yang bernama Jhonice (22) berhasil diamankan oleh Polres Pagar Alam dan satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran petugas. 

Diketahui mereka mengincar mesin ATM milik Bank Sumsel Babel sebagai target pembobolan. Aksi tersebut mereka lakukan dengan merusak mesin dan mengambil uang secara paksa dari ATM tersebut.

3. Kasus 2 WNA Bulgaria Bobol ATM dengan Scammer

Pada Juli 2022 Polda Sulawesi Utara berhasil meringkus dua warga negara asing asal Bulgaria dan dua wanita asal Indonesia akibat aksi pembobolan ATM. Keempat pelaku tersebut ditangkap di tempat yang berbeda.

Aksi pembobolan ini mereka lakukan dengan cara skimming. Cara ini dilakukan dengan menggunakan alat khusus bernama scammer yang bentuknya mirip dengan mulut slot kartu ATM. Atas aksi pembobolan yang sudah terjadi selama Januari hingga Juli 2022 ini, diperkirakan nasabah bank mengalami kerugian hingga Rp5,4 miliar.

4. Pembobol ATM Belajar dari Youtube 

Komplotan pembobol mesin ATM yang terdiri dari 4 orang tertangkap pada Selasa 14 Juni 2022 ketika sedang melancarkan aksinya di kawasan Plaza Yogya, Kota Cimahi. Aksi pembobolan di plaza tersebut rupanya bukan kali pertama bagi mereka.

Sebelumnya, mereka juga pernah melakukan pembobolan di 13 lokasi yang berbeda di kawasan Bandung Raya hingga Tasikmalaya.

S (44), DS (40), M (39), dan A (38) membobol mesin dengan cara mencongkel paksa tempat keluar uang dengan menggunakan alat berupa besi tipis dan kemudian mengambil uang yang ada di mesin ATM dengan menggunakan alat penjepit sederhana. Mereka mengaku mempelajari cara tersebut melalui YouTube.

Atas perbuatan tersebut, mereka terjerat Pasal 363 Ayat (1) ke (4) dan ke (5) KUHPidana dengan hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun.

Stefani Ira Pratiwi - Litbang MPI 

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini