Share

4 Fakta Putri Candrawathi Jadi Tersangka, LPSK Tolak Beri Perlindungan hingga Anak Di-Bully

Andhika Shaputra, Okezone · Senin 22 Agustus 2022 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 22 337 2651926 4-fakta-putri-candrawathi-jadi-tersangka-lpsk-tolak-beri-perlindungan-hingga-anak-di-bully-vyVGQEtnKn.jpg Irjen Ferdy Sambo dan istri (foto: dok ist)

JAKARTA – Bareskrim Polri menetapkan Istri mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka, kasus pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga, Jakarta Selatan. Penyidik menetapkan Putri sebagai tersangka usai mengantongi dua alat bukti yang cukup.

Berikut sejumlah fakta-fakta penetapan tersangka Putri Candrawathi:

1. Tidak Ditahan karena Sakit

 

Dirtipidum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian menyebut, seharusnya Putri Candrawathi diperiksa pada Rabu 18 Agustus 2022 kemarin. Namun, Putri menyatakan sedang sakit. Putri pun tak ditahan dan meminta waktu selama sepekan untuk istirahat.

 BACA JUGA:LPSK: Putri Candrawathi Berani Lawan Ferdy Sambo Bongkar Pembunuhan Brigadir J?

"Seharusnya kemarin kita periksa juga tapi muncul surat sakit dari dokter, dan meminta istirahat 7 hati, kemudian penyidik melakukan gelar perkara," tutur Andi.

2. Timsus Periksa 52 Saksi

Brigjen Andi Rian mengatakan Timsus Polri menetapkan Istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi sebagai tersangka terkait kasus dugaan pembunuhan Brigadir J.

 BACA JUGA:Putri Candrawathi Ikuti Skenario yang Dibangun Ferdy Sambo

Dia mengatakan, bahwa penetapan tersangka dilakukan setelah pihaknya memeriksa 52 orang saksi, termasuk ahli DNA, digital forensik, hingga inafis.

 

Follow Berita Okezone di Google News

3. LPSK Tolak Beri Perlindungan untuk Putri Candrawathi

 

Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo mengatakan, usai Bareskrim Polri resmi menyetop penyidikan laporan dugaan percobaan pembunuhan dan pelecehan seksual terhadap Putri Candrawathi.

"Tindak pidana yang dilaporkan di mana dia mengaku sebagai korban itu tidak ada, jadi tentu LPSK tidak bisa memberikan perlindungan," ujarnya kepada wartawan.

Lewat penghentian penyidikan tersebut, Hasto mengatakan, pihaknya juga sudah dapat menentukan status permohonan perlindungan Putri Candrawathi sebelumnya.

4. Anak Sambo dan Putri Di-Bully

 

Ditetapkannya Ferdy Sambo dan Putri Chandrawati sebagai tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J, menyisakan permasalahan baru kepada anak-anaknya.

Beredar kabar, anak-anak dari pasangan suami-istri (pasutri) itu menjadi korban bullying (perundungan) dari teman-teman, baik di media sosial (medsos) maupun lingkungannya.

Terkait hal itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan melakukan langkah-langkah guna pemenuhan hak terhadap mereka. Salah satu upaya yang dilakukan yakni melakukan penelusuran terkait informasi adanya perundungan yang dialami anak-anak tersangka itu.

"KPAI akan mencari kebenaran dari informasi bahwa anak-anak Ferdy Sambo mendapatkan pembullyan dari Netizen dan dari lingkungan sekolah. Jika benar, tentu KPAI akan berkoordinasi dengan pihak sekolah dan Dinas Pendidikan untuk mencari solusi, demi kepentingan terbaik bagi anak," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam keterangan tertulis yang diterima MPI, Minggu (21/8/2022).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini