Share

Survei: Hary Tanoesoedibjo dan TGB Dinilai Mampu Atasi Masalah Bangsa

Arif Budianto, Koran Sindo · Minggu 21 Agustus 2022 20:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 21 337 2651709 survei-hary-tanoesoedibjo-dan-tgb-dinilai-mampu-atasi-masalah-bangsa-IXLCbDtuct.jfif Hary Tanoesoedibjo dan TGB (Foto: MPI)

BANDUNG - Dua tokoh nasional Hary Tanoesoedibjo dan Tuan Guru Bajang (TGB) Muhammad Zainul Majdi masuk menjadi figur yang dianggap mampu mengatasi masalah bangsa. Keduanya masuk figur yang dipersepsikan sebagai calon presiden yang mampu mengatasi masalah bangsa hasil survei Algoritma Research & Consulting.

Pada survei tersebut, Hary Tanoesoedibjo yang juga sebagai Ketua Umum Partai Perindo ini masuk sebagai figur yang dianggap mampu menyelesaikan masalah ekonomi, polarisasi masyarakat, serta membawa peran Indonesia di kancah dunia. Begitupun dengan TGB yang juga dianggap sebagai figur yang mampu mengatasi masalah ekonomi, polarisasi masyarakat, serta membawa peran Indonesia di kancah dunia.

Hary Tanoesoedibjo pada kategori figur yang mampu mengatasi masalah bangsa bidang ekonomi misalnya, memiliki skor lebih tinggi dari beberapa tokoh lainnya seperti Luhut Binsar Panjaitan, Mahfud MD, Gatot Nurmantyo, Khofifah Indar Parawansa, dan lainnya.

Pada kategori polarisasi masyarakat, Hary Tanoesoedibjo memiliki persepsi diatas tokoh lainnya seperti Gus Baha, Arif Budiman, Erick Thohir, dan lainnya. Sedang pada kategori membawa peran di kancah dunia, Hary Tanoesoedibjo juga diatas tokoh lainnya seperti Susi Pudjiastuti, Tri Rismaharini, Luhut Binsar Panjaitan, dan nama lainnya.

Begitupun dengan TGB Muhammad Zainul Majdi, pada kategori mengatasi polarisasi masyarakat persepsi publik menempatkannya di atas tokoh seperti Luhut Binsar Panjaitan, Puan Maharani, Susi Pudjiastuti, Ma'ruf Amin, Erick Thohir, dan lainnya. Pada kategori pemulihan ekonomi, TGB juga di atas tokoh lainnya seperti Mahfud MD, Gibran Rakabuming, Andika Perkasa, dan lainnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Sementara pada kategori membawa peran Indonesia di dunia, persepsi publik terhadap TGB diatas tokoh Luhut Binsar Panjaitan, Khofifah Indar Parawansa, Johnny G Plate, dan lainnya.

Sementara nama nama figur dengan persepsi tertinggi dari empat kategori yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Ridwan Kamil. Menurut Direktur Riset dan Program Algoritma Fajar Nursyahid, mayoritas figur yang mendapat persepsi publik tertinggi tak lepas dari figur terafiliasi kepala daerah dan militer.

"Seberapa besar elektabilitas mereka, itu masih terbangun dari afiliasi kepala daerah dan militer. Namun, dari hasil survei kami, tidak ada pendukungnya yang tersegmentasi solid. Pendukung mereka masih menyebar dan menyisakan ruang (figur lain), " kata dia.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini