Share

Merah Putih Dibakar saat HUT RI di Aceh, Pengamat: Mengancam Keamanan!

Fahmi Firdaus , Okezone · Minggu 21 Agustus 2022 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 21 337 2651469 merah-putih-dibakar-saat-hut-ri-di-aceh-pengamat-mengancam-keamanan-G025gBzIsa.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA โ€“ Heboh di media sosial video bendera Merah Putih dibakar yang bertepatan saat HUT ke-77 Kemerdekaan RI, pada Rabu 17 Agustus 2022.

Video viral tersebut diunggah oleh akun Facebook Nasir Usman Usman dan tersebar ke platform media sosial lainnya. Dalam akun Facebook Nasir Usman Usman, terlihat bendera Merah Putih dipasang di sebilah kayu.

(Baca juga: Kasus Wanita Penghina Alquran dan Pembakar Bendera Merah Putih Dihentikan, Ini Alasannya)

Bendera merah putih yang dibakar dipasang di dalam hutan. Namun belum diketahui lokasinya. Di bawah bendera Merah Putih itu ada poster berisi tulisan bangsa Aceh menolak hari ulang tahun RI."Kami selaku bangsa Aceh menolak hari ulang tahun RI ke 77 di Aceh," tulis isi poster tersebut.

Dalam tayangan juga terlihat seseorang menyulut api pada bendera Merah Putih yang langsung terbakar. Saat bendera Merah Putih terbakar habis, muncul bendera Bintang Bulan khas Aceh di baliknya yang juga sudah dipasang sebelumnya.

Pengamat terorisme, Al Chaidar, menduga, bendera merah putih itu dibakar oleh Tentara Atjeh Merdeka (TAM). Pembakaran bendera merah putih tersebut mencancam dan mengganggu keamanan

โ€œ Ini sangat berpotensi mengganggu keamanan,โ€ ujar Al Chaidar kepada Okezone, Minggu (21/8/2022).

Dia juga menyinggung ada 3 front pergerakan kelompok yang tidak setuju dengan MoU Helsinki 2005 dan UUPA 2006. โ€œYaitu front politik di luar negeri, front Klandestin di Aceh dan lokasi lainnya di Indonesia, dan front bersenjata di Aceh,โ€ ungkapnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Al Chaidar menduga, kelompok tersebut saat ini sudah mempunyai senjata dan mereka juga akan mengganggu Pemilu 2024.

โ€œMereka sudah memiliki senjata meskipun masih sedikit. Mereka tidak hanya menolak perayaan Hari Kemerdekaan RI 17 Agustus, tapi juga akan menolak pemilu dan lain sebagainya,โ€ pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini