Share

Pasien Terkonfirmasi Cacar Monyet Ditemukan di Jakarta, Kemenkes Minta Masyarakat Tenang

Awaludin, Okezone · Sabtu 20 Agustus 2022 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 20 337 2651315 pasien-terkonfirmasi-cacar-monyet-ditemukan-di-jakarta-kemenkes-minta-masyarakat-tenang-AchZb2xmGl.jpg Illustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA - Seorang pria asal Jakarta berusia 27 tahun terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox, usai bepergian. Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril mengatakan, untuk masalah vaksin, hingga saat ini belum mendapatkan rekomendasi dari WHO untuk massal.

"Untuk vaksin cacar monyet, sementara ini WHO belum rekomendasi massal. Saat ini ada dua atau tiga negara yang melakukan vaksianasi dan kita juga memproses pengadaan dan melalui rekomendasi dari Badan POM," kata Syahril melalui konferensi pers, Sabtu (20/8/2022).

 BACA JUGA:Kemenkes Umumkan Kasus Pertama Cacar Monyet di Indonesia, Pria Asal Jakarta

Saat ini, sambung Syahril, pihaknya masih memproses 10 ribu vaksin cacar monyet dan akan diberikan kepada penderita dalam masa inkubasi.

"Masyarakat diminta untuk tenang, cacar monyet tidak terlalu berat sakitnya, kalau kita bandingkan dengan covid-19 itu jauh," pungkasnya.

 BACA JUGA: Gejala yang Dialami Pasien Pertama Cacar Monyet di Indonesia, Salah Satunya Lesi di Alat Genital!

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

"Pasien pertama yang terkonfirmasi cacar monyet berasal dari DKI Jakarta. Dia laki-laki berusia 27 tahun. Penularan berkontak langsung yang bepergian kemarin," sambung Syahril.

Saat ini, sambung Syahril, pasien saat ini dalam perawatan isolasi mandiri, tidak dirawat di rumah sakit.

"Pasien bergejala ringan, sehingga dia tidak diisolasi di rumah sakit. Pasien saat ini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini