Share

4 Pahlawan yang Dieksekusi Belanda, Ada yang Disiksa hingga Tuli

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 20 Agustus 2022 07:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 20 337 2651088 4-pahlawan-yang-dieksekusi-belanda-ada-yang-disiksa-hingga-tuli-mO5e7E6xSG.jpg Ilustrasi (Foto : Wikipedia)

PERJUANGAN para pahlawan Indonesia demi meraih dan mempertahankan Indonesia pasti menemukan hambatan.

Banyak dari mereka yang kemudian tertangkap tentara Belanda, bahkan hingga dieksekusi mati.

Berikut 4 pahlawan yang dieksekusi oleh para penjajah:

1. Pocut Baren

Nama Pocut Baren terkenal sebagai pejuang perempuan asal Aceh yang setia mendampingi Cut Nyak Dhien dalam perjuangan melawan Belanda. Perempuan yang juga terkenal sebagai ulama dan panglima perang itu lahir di Kabupaten Aceh Barat pada 1880. Pocut mempunyai banyak pasukan atau pengikut dalam gerilyanya bersama Cut Nyak Dhien.

Di tengah perlawanannya itu, kaki Pocut terkena timah panas tentara Belanda. Ia lantas dibawa dan ditahan di Kutaraja. Meskipun begitu, anak-anak buah Pocut tetap semangat melakukan perjuangan. Sementara itu, Pocut tidak mendapat perawatan maksimal kala berada di dalam tahanan. Karenanya, kaki Pocut terpaksa diamputasi lantaran membusuk.

2. Opu Daeng Risadju

NICA mengetahui keberadaan Opu Daeng Risadju dan berhasil menangkapnya. Ia dibawa ke penjara Bone, lalu dipindahkan ke Sengkan, dan dipindahkan lagi ke Bajo. Di sana, Opu Daeng Risadju mendapat siksaan dari Ladu Kalapita, Kepala Distrik Bajo sampai mengalami tuli seumur hidupnya.

Untuk dua pahlawan lainnya, dapat dibaca melalui tautan di bawah ini:

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini