Share

Begini Cara LPSK Jamin Makanan Bharada E agar Tak Diracun

Muhammad Farhan, MNC Portal · Kamis 18 Agustus 2022 19:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 337 2650263 begini-cara-lpsk-jamin-makanan-bharada-e-agar-tak-diracun-w5agSDDg1v.jpg Ilustrasi (Foto: Antara)

JAKARTA - Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) terus berkoordinasi dengan Bareskrim Polri guna menjamin perlindungan Bharada E sebagai Justice Collaborator (JC).

LPSK juga menjamin perlindungan terhadap Bharada E alias Richard Eliezer dalam segi suplai logistik yakni berupa pakaian dan makanannya.

Wakil Ketua LPSK, Susilaningtias mengatakan bahwa pihaknya terus bekerja sama dengan Bareskrim untuk memastikan makanan yang diberikan kepada Bharada E tidak diracun.

"Kami sekarang hanya menjalankan perlindungan kepada Bharada E, perlindungan fisik termasuk pengamanan pengawalan kami bekerja sama dengan Bareskrim termasuk memastikan soal makanan supaya tidak diracun untuk Mas Bharada E," jelas Susi kepada wartawan, Kamis (18/8/2022).

Susi menyampaikan, perlindungan yang tengah diberikan kepada Bharada E, selain perlindungan fisik juga membutuhkan penguatan spiritual.

Baca juga: LPSK: Bharada E Butuh Penguatan Spiritual

"Kami berikan perlindungan fisik kemudian ada perlindungan sebagai JC, ada pendampingan. Kami juga menyediakan rohaniawan untuk Bharada E jika dibutuhkan karena butuh untuk penguatan spiritual," ujar Susi.

Baca juga: Fokus Lindungi Bharada E, LPSK Belum Laporkan Dugaan Suap Amplop Coklat Sambo ke KPK

Juru Bicara LPSK, Rully Novian menegaskan bahwa pihaknya tetap memberikan penebalan perlindungan kepada Bharada E sejak dikabulkannya status JC oleh lembaganya.

"Saya nggak mau bahas sampai teknis dalam, tetapi ada (penjagaan) sampai dalam. Ada, tapi gaperlu kita bahas teknisnya seperti apa," terang Rully.

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

Sebelumnya, Rully mengatakan LPSK berharap ke depannya jika diizinkan perlu memiliki rumah tahanan khusus agar memudahkan pengawalan JC.

"Sebetulnya memang, idealnya bahwa ke depan ada semacam rumah tahanan khusus bagi JC dan itu pasti akan memudahkan pengamanan perlindungan yang dilakukan LPSK. Itu diharapkan ke depan seperti itu," jelas Rully.

Rully pun menyampaikan pihaknya kini sudah menempatkan pengawal khusus dari LPSK di ruang tahanan Bharada E.

"Sejak Jumat perlindungan darurat sudah jalan LPSK sudah menempatkan pengamanan pengawalan yang sementara kita koordinasikan dengan bareskrim, tapi orang-orang LPSK, petugasnya dari LPSK," jelas Rully.

Baca juga: Alasan LPSK Super Ketat Jaga Bharada E: Supaya Tidak Disiksa dan Diracun!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini