Share

Kong Usman, Pejuang Keturunan Tionghoa yang Luput dari Perhatian

Rahmat Hidayat, iNews · Rabu 17 Agustus 2022 21:47 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 337 2649683 kong-usman-pejuang-keturunan-tionghoa-yang-luput-dari-perhatian-iig8HDnp9Q.jpg Ilustrasi (Foto : Wikipedia)

BEKASI - Pada peringatan HUT kemerdekaan ke-77 RI, masih banyak pejuang tahun 1945 yang luput perhatian dari pemerintah dan masyarakat. Seperti yang dialami oleh Muhamad Usman atau yang akrab di sapa Kong Usman.

Pria keturunan Tionghoa yang merupakan pejuang Bekasi, salah satu pasukan Hizbullah pimpinan pahlawan nasional asal Bekasi, KH Noer Ali.

Kong Usman merupakan pejuang yang membela kemerdekaan Indonesia dari penjajahan belanda dan jepang. Di usianya yang kini sudah mencapai lebih dari 100 tahun ini, Kong Usman masih bisa menceritakan saat dirinya berperang melawan penjajah bersama pasukan Hizbullah di wilayah Bekasi.

Sementara keluarga Kong Usman berharap agar di masa tua nya bisa mendapat perhatian dari pemerintah.

Kong Usman tinggal di Kampung Pintu Air, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi, Jawa Barat. Ia mengisahkan, pada usia 17 tahun kong usman terbilang berani dalam berperang melawan Belanda.

Pada saat itu. pasukan Belanda dilawan oleh pasukan Hizbullah pimpinan KH Noer Alie, pahlawan nasional asal Bekasi yang mendapatkan julukan singa Karawang-Bekasi. Menurut Kong Usman, pasukan Hizbullah merupakan pasukan berani mati yang pantang mudur saat melawan penjajah.

Bahkan, Kong Usman pun rela mati untuk merebut kemerdekaan dari tangan Belanda. Sambil meneteskan air mata, Kong Usaman, berharap dan meminta agar dapat perhatian dari pemerintah.

Agar di usia senja ini dapat menikmati masa hidup dengan baik. Selama jadi pejuang, Kong Usman, tidak pernah mendapat pensiunan dari pemrintah, ia benar-benar tulus membela negara dan agama.

"Saya tulus membela negara dan agama," ujar Kong Usman. Rabu (17/8/2022).

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Sementara itu, Muhamad Alwi, anak ketiga Kong Usman, mengatakan selama ini ayahnya selalu menceritakan sejarah saat dirinya mengukiti perang. Pada saat ituh kondisi ekonomi sangat sulit, Kong Usman tetao sangat senang bangsa Indonesia bisa merdeka.

Untuk diketahui, Kong Usman mempunyai dua orang istri. Dari istri yang pertama mempunyai anak sebelas dan dari istri yang kedua Kong Usman mempunyai sembilan anak.

Meski Kong Usman keturunan dari Tionghoa, namun dirinya rela berkorba dan berjuangan untuk merebut kemerdekaan dari tangan Belanda. Karena itu, sudah sepatutnya Kong Usman dapat perhatian dari pemerintah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini