Share

Menengok Ragam Baju Adat Menteri Jokowi saat Upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI

Arie Dwi Satrio, Okezone · Rabu 17 Agustus 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 337 2649621 menengok-ragam-baju-adat-menteri-jokowi-saat-upacara-hut-ke-77-kemerdekaan-ri-c26G1F2PTu.jpg Mensesneg dan Seskab kenakan baju adat (Foto: BPMI)

JAKARTA - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang digelar di Istana Merdeka, Jakarta, diwarnai dengan beragam baju adat dari berbagai daerah. Mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) hingga para menterinya, tampak meriah dengan pakaian adat yang dipilihnya.

Presiden Jokowi sendiri tampak mengenakan baju adat Dolomani asal Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara. Kemudian, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin terlihat mengenakan baju adat dari Provinsi Kalimantan Timur. Budi sengaja memilih baju adat tersebut sebagai persiapan perpindahan ibu kota negara ke Kalimantan Timur.

"Ini buat siap-siap jadi kalau nanti pindah ke Kalimantan Timur sudah tahu mesti pakai baju apa," ujar Menkes Budi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (17/8/2022).

Baca juga: Potret Sandiaga Uno Kenakan Baju Adat Suku Kaili di HUT Ke-77 RI dan Makna di Baliknya

Selain Menkes Budi, ada pula Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan yang datang dengan menggunakan baju adat Bali. Luhut beralasan pemilihan baju adat tersebut sebagai upaya mendukung pagelaran KTT G20 yang akan berlangsung di Bali pada November mendatang.

"Baju adat Bali, istri saya yang inisiasi dia bilang karena nanti mau G20, kita pakai baju Bali saja," ungkap Menko Luhut.

Baca juga: Anies Sebut Tema Kemerdekaan ke-77 Ingatkan Perjuangan Dua Tahun Lalu Hadapi Pandemi

Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memilih menggunakan baju adat dari Suku Sasak, Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Ia memilih baju adat tersebut sebagai dukungan terhadap destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan pemerintah di Lombok, NTB.

"Saya kira Lombok sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas yang dicanangkan oleh Pak Jokowi, saya sebagai pembantu presiden yang memperbaiki, merenovasi semua infrastruktur di Danau Toba, Borobudur, Lombok, Labuan Bajo, dan di Kupang. Jadi saya ikut sedikit mempromosikan Lombok, Mandalika," ucap Basuki.

Dalam kesempatan tersebut, para menteri juga menyampaikan harapannya terhadap bangsa Indonesia ke depannya. Menkes Budi berharap masyarakat Indonesia dapat hidup lebih sehat sehingga dapat kembali beraktivitas normal. Sedangkan Menko Luhut berharap Indonesia menjadi bangsa yang lebih baik dan lebih hebat.

Baca juga: Momen Kehangatan Prabowo dengan Megawati, Try Sutrisno, hingga Sinta Wahid di Istana Negara

"Kita berharap Indonesia tambah hebat, karena kita sudah buktikan Indonesia itu bangsa yang besar, bangsa yang bisa menyelesaikan masalah yang kompleks seperti Covid, dan sekarang juga ekonomi kita kita doakan supaya semua bisa bertambah dengan baik dengan leadership Presiden Joko Widodo," ucap Menko Luhut.

Sedangkan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, berharap Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI kali ini dapat dimaknai dengan semangat optimisme dalam berjuang menuju masa depan Indonesia yang lebih baik.

"Kita harus optimistis, kita sebagai bangsa petarung, fight bukan fight dalam arti perang tetapi harus menjadi petarung punya semangat perang seperti para pejuang kita tahun 1945. Tanpa mereka, kita tidak akan terbebas seperti sekarang. Sekarang pun kita harus menjadi petarung, pejuang, untuk masa depan Indonesia yang lebih baik," ujar Basuki.

Baca juga: 671 Napi di Gowa Dapat Remisi HUT Ke-77 RI, Termasuk Dewi Yasin Limpo

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini