Share

Upacara Penurunan Bendera, Sang Saka Merah Putih Kembali Diberikan ke Presiden Jokowi

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 17 Agustus 2022 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 337 2649597 upacara-penurunan-bendera-sang-saka-merah-putih-kembali-diberikan-ke-presiden-jokowi-FAopUZMKFT.jpg Upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta (Foto: Raka Dwi Novianto)

JAKARTA - Sang saka Bendera Merah Putih resmi diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai diturunkan pada upacara penurunan bendera yang dilakukan pada hari ini, Rabu sore 17 Agustus 2022. Upacara dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta.

Tim Pancasila Sakti menjadi tim yang menurunkan dan menyerahkan bendera sang merah putih kepada Presiden Jokowi. Bendera yang diserahkan oleh Paskibraka, langsung ditaruh Presiden Jokowi di kotak berwarna coklat.

BACA JUGA:HUT RI ke-77, Bendera Merah Putih Raksasa Dikibarkan di Atas Tebing di Indramayu 

Bendera merah putih dan teks proklamasi yang telah dibacakan langsung dibawa dengan prosesi kirab menuju Monumen Nasional (Monas).

 

Dalam Tim Pancasila Sakti, Ayumi Putri Sasaki yang merupakan perwakilan dari Provinsi Jawa Timur terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih saat nanti diturunkan.

Tiga orang lainnya dari Tim Pancasila Sakti yang bertugas untuk menurunkan bendera ialah Arnold Steven Sinaga sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara, Isra Mashel Arifin sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Banten, dan Muhammad Rajwa Al Farizi sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

BACA JUGA:Hadir pada Upacara HUT RI, Hary Tanoe : Upacara Sederhana Tapi Khidmat dan Bersahabat 

Sementara itu, bertindak selaku Komandan Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih adalah Kolonel Pnb Agni Prayogo. Saat ini, ia menjabat sebagai Komandan Wing 4 (Danwing 4) Lanud Atang Sendjaja. Sedangkan yang bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah AKP Yaumil Hendityo, yang saat ini bertugas sebagai Pasi Ops Batalyon C Resimen I Pasukan Pelopor Korps Brimob Polri.

Adapun Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya akan kembali bertindak sebagai Perwira Upacara pada sore hari ini. Ia merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993 yang lahir di Bangkalan, 10 November 1971. Saat ini, ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini