Share

Upacara Penurunan Bendera, Istana Sebar 4 Ribu Undangan

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Rabu 17 Agustus 2022 15:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 337 2649528 upacara-penurunan-bendera-istana-sebar-4-ribu-undangan-M8Y5r1pmrI.jpg Ilustrasi (Foto: BPMI)

JAKARTA - Istana menyebarkan 4 ribu undangan untuk masyarakat, tokoh, serta pejabat negara untuk hadir dalam upacara penurunan bendera Merah Putih di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022).

"Bisa 4 ribu juga yang kita undang dalam penurunan bendera. Yang kami undang hibrid bisa 150 ribu, siang ini 77 ribu. Mudah-mudahan nanti (acara) berjalan dengan baik," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono kepada wartawan di Istana Negara, Rabu (17/8/2022).

Heru menyebut bahwa pada upacara penurunan juga turut mengundang pejabat serta menteri yang sama pada upacara tadi pagi. Namun, katanya, ada sedikit perbedaan dari upacara penurunan sebelumnya.

"Sore hari tetap kita undang, pejabat-pejabatnya sama. Tapi kali ini ada sedikit berbeda sih. Ada beberapa menteri yang diminta Bapak Presiden sebagai irup (inspektur upacara) di daerah tertentu. Kemendes kemensos dan Menko PMK," ungkap Heru.

Baca juga: Wapres Sebut Tak Ada Persiapan Khusus saat Menghadiri Upacara HUT RI Ke-77 di Istana

Selain itu, Heru juga menjelaskan alasan para tamu undangan yang memakai baju adat pada upacara tadi pagi. Menurutnya, tamu undangan dan masyarakat yang hadir dapat sekaligus melestarikan dan mempromosikan baju adat dari berbagai daerah.

"Supaya kita bisa melestarikan mempromosikan menyampaikan kepada dunia luar bahwa kita memiliki nilai historis yang tinggi, seni yang tinggi dan patut dilestarikan. Termasuk tidak boleh dicopy negara lain. Ini loh kami kita negara RI punya baju adat dan harus dipromosikan," kata Heru.

Baca juga: HUT RI Ke-77, Warga Gelar Nobar Upacara di Depan Istana Merdeka

Follow Berita Okezone di Google News

Heru juga menyebut bahwa penggunaan pakaian adat merupakan ide dari Presiden Jokowi sendiri.

"Idenya dari beliau (Presiden Jokowi) untuk bisa para pejabat menteri bisa melestarikan sambil merayakan hari bersejarah," ungkapnya.

Baca juga: Kenakan Baju Adat Buton, Ini Deretan Baju yang Pernah Dipakai Jokowi Pada Perayaan HUT RI

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini