Share

HUT Ke-77 RI, Helikopter Tempur TNI-Polri Bawa Bendera Raksasa Merah Putih

Muhammad Refi Sandi, MNC Media · Rabu 17 Agustus 2022 11:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 337 2649392 hut-ke-77-ri-helikopter-tempur-tni-polri-bawa-bendera-raksasa-merah-putih-ZqR8FyzxG5.jpg Tangkapan layar media sosial

JAKARTA - Delapan unit helikopter gabungan TNI-Polri terbang dilangit Monas dan Istana Negara Jakarta membawa bendera raksasa atau giant flag Merah Putih.

Adapun atraksi yang membentuk Nusantara Flight itu dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 yang jatuh hari ini, Rabu (17/8/2022).

(Baca juga:  HUT Ke-77 RI, Pesawat Tempur F-16 Bentuk Formasi 77 dan Flypast di Istana)

Kemudian berperan sebagai pemimpin yaitu Letkol Penerbang Immanuel Simarmata alumni Angkatan Udara tahun 2003.

Dilihat dari Youtube Sekretariat Presiden, penonton yang hadir hingga pejabat negara terpukau dengan atraksi tersebut. Tepuk tangan juga diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam atraksi Nusantara Flight tersebut.

Terlihat pula sejumlah masyarakat mengabadikan momen atraksi dari delapan unit helikopter yang membawa Giant Flag Merah Putih.

Peringatan HUT Ke-77 RI pada 17 Agustus 2022 akan dimeriahkan oleh demo udara 8 helikopter gabungan dari TNI AU, TNI AD, TNI AL dan Polri yang akan melaksanakan terbang formasi membawa Bendera Merah Putih ukuran besar (Giant Flag) melintas tepat di atas Istana Negara.

Sebelumnya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsekal Pertama TNI Indan Gilang kedelapan helikopter tersebut terdiri dari dua helikopter TNI AU (EC-725 Caracal dan NAS-332 Super Puma), dua helikopter AH-64 Apache TNI AD, dua helikopter AS-565 Mbe Panther TNI AL dan dua helikopter AW-169 Polri.

"Sama halnya dengan helikopter, yang terbang 8 unit yang kita siapkan 12. Jadi masing-masing heli ada cadangannya. Jadi sewaktu waktu ada yang tidak bisa melanjutkan dia akan menggantikan," paparnya.

Menurut dia, penerbang helikopter yang membawa "Giant Flag" membutuhkan keterampilan khusus mengingat berat bendera di udara mencapai 1,3 ton.

Oleh karena itu, tambah Indan, para penerbang tempur baik F-16 maupun penerbang helikopter terus melakukan koordinasi dan latihan agar demo udara berjalan dengan aman dan lancar.

"Latihan hari ini berjalan sesuai rencana. Mudah-mudahan nanti bisa berjalan dengan aman dan lancar," tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini