Share

HUT Ke-77 RI, Warga Histeris ketika Pesawat Tempur Lintasi Istana Merdeka

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Rabu 17 Agustus 2022 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 337 2649366 hut-ke-77-ri-warga-histeris-ketika-pesawat-tempur-lintasi-istana-merdeka-gT7rYjwF7G.jpg Pesawat tempur lintasi Istana Merdeka (foto: MPI/Al Fiqri)

JAKARTA - Belasan pesawat tempur melakukan atraksi udara di langit Istana Merdeka Jakarta. Atraksi itu dilakukan dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Dari pantauan MNC Portal di lapangan, setidaknuabada 14 pesawat tempur yang melintas di langit Istana Merdeka Jakarta. Dalam atraksi itu, pesawat tempur membentuk formasi angka 77.

Tak pesawat tempur, langit Istana Merdeka Jakarta juga dihiasi delapan unit helikopter. Helikopter itu mengibarkan bendera merah putih.

 BACA JUGA:Momen Presiden Jokowi Ajak Cucu Saksikan Kirab Budaya HUT RI Ke-77

Warga yang menonton upacara di luar Istana Merdeka, bersorai ketika pesawat melintas. Sebagian warga pun mendokumentasikan atraksi tersebut.

Diketahui, atraksi tersebut ditampilkan oleh pasukan Garuda Flight dan Nusantara Flight.

Garuda Flight melintas di atas Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta membentuk angka 77 dengan kecepatan 300 kta pada ketinggian 2000 ft.

 BACA JUGA:Doa di Upacara Peringatan Proklamasi, Menag: Berilah Kami Kekuatan untuk Pulih Lebih Cepat

Sementara Nusantara Flight, terbang pada ketinggian 200 ft membawa bendera merah putih ukuran raksasa seberat 1,3 ton.

Sebelumnya, puluhan pesawat itu telah melakukan geladi kotor demo udara Garuda Flight dan Nusantara Flight di apron selatan Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Puluhan pesawat, terdiri dari F-16 TNI AU dan Helikopter TNI - Polri, nampak berderet rapi membentuk formasi Elephant Walk, di landasan pacu Halim Perdanakusuma.

Elephant Walk, istilah yang dipopulerkan USAF untuk menggambarkan iringan pesawat berbaris rapat menuju landasan pacu sesaat sebelum take off.

Elephant Walk pesawat tempur F-16 TNI AU dan Helikopter TNI - Polri di Halim Perdanakusuma, bukan sekadar show of force, tapi dimaksudkan untuk menggambarkan kesiapan armada udara dalam pelaksanaan demo udara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini