Share

HUT Ke-77 RI, Hujan Guyur Sebagian Kota Besar di Indonesia

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 17 Agustus 2022 05:11 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 17 337 2649253 hut-ke-77-ri-hujan-guyur-sebagian-kota-besar-di-indonesia-hjDwBEazOI.jpg Ilustrasi (Foto : Okezone.com)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca sebagian kota besar di Indonesia berpotensi hujan pada saat HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 pada 17 Agustus 2022.

BMKG mendeteksi adanya sirkulasi siklonik yang terpantau di Maluku Utara bagian utara yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin atau konvergensi yang memanjang di Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Selain itu, daerah konvergensi lain terpantau memanjang dari Aceh hingga Selat Malaka, di Riau dari Bangka Belitung hingga Kepulauan Riau, dari Bengkulu hingga Sumatera Barat, dari Jawa Barat hingga Banten, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Utara, dan di Sulawesi bagian tengah.

“Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar situasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut,” ungkap BMKG dalam keterangan resminya.

BMKG melaporkan di wilayah Pulau Sumatera, secara umum terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang yang diperkirakan terjadi di wilayah Medan dan Palembang. Kemudian hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terjadi di wilayah Jambi Bengkulu Tanjungpinang dan Bandar Lampung.

“Sedangkan wilayah Banda Aceh dan Padang diperkirakan cerah berawan. Kemudian Pekanbaru diperkirakan berkabut dan Pangkalpinang diperkirakan berawan,” kata BMKG.

Kemudian di Pulau Jawa, kata BMKG, secara umum kondisi cuaca di Pulau Jawa diprakirakan berawan. Terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terjadi di Yogyakarta. Sedangkan Surabaya esok hari diperkirakan cerah berawan.

Di Pulau Kalimantan, potensi hujan dengan intensitas sedang yang diprakirakan terjadi di wilayah Tanjung Selor. Dan hujan dengan intensitas ringan yang diperkirakan terjadi di wilayah Pontianak dan Samarinda. Sedangkan untuk wilayah Palangkaraya dan Banjarmasin diprakirakan berawan.

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara, dimana wilayah Denpasar dan Mataram diperkirakan berawan dan Kupang diprakirakan cerah Berawan.

Selanjutnya, Pulau Sulawesi berpotensi hujan dengan intensitas ringan diperkirakan terjadi di wilayah Manado, Gorontalo, dan Mamuju. Sedangkan wilayah Palu Makassar dan Kendari diperkirakan berawan.

Kemudian wilayah timur Indonesia, secara umum kondisi cuaca di wilayah timur Indonesia diperkirakan terdapat potensi hujan dengan intensitas ringan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini