Share

Era Digital, Perindo: Media Sosial Jadi Kekuatan Bangkitkan Destinasi Wisata

Erfan Maaruf, iNews · Selasa 16 Agustus 2022 19:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 337 2649163 era-digital-perindo-media-sosial-jadi-kekuatan-bangkitkan-destinasi-wisata-3lDk9EK2hM.jpg Jubir Partai Perindo Ike Suharjo (Foto: MPI)

JAKARTA - Juru Bicara Nasional Partai Perindo Ike Suharjo menyebut, kekuatan media sosial dapat mendorong pariwisata suatu daerah. Media sosial dapat menjadi daya tarik wisatawan berkunjung sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat.

Hal itu disampaikan Ike dalam Outside Podcast Aksi Nyata Dalam Mengisi Kemerdekaan Indonesia Bersama Pemuda, Selasa (16/8/2022). Dia menilai bahwa salah satu kekuatan utama di masa sekarang adalah dunia digital atau yang akrab dengan sosial media.

BACA JUGA:Beri Santunan ke Korban Kebakaran, DPD Perindo OKU Selatan: Semoga Bisa Meringankan Beban 

Sosial media dapat menjadi marketing yang murah dan efesien untuk memperkenalkan destinasi wisata. Salah satu contoh yang telah terbukti ialah destinasi wisata Kampung Sembilangan, Kelurahan Hurip Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, butuh penanganan khusus.

"Kekuatan sekarang itu memang lewat digital. Itu sangat berpengaruh memang untuk destinasi wisata," kata Ike.

 

Dia menyebut selain mengabadikan momen wisatawan berkunjung, bagusnya wisata yang diunggah di media sosial akan menarik masyarakat untuk datang. Jika marketing media sosial tersebut berhasil menarik banyak wisatawan secara otomatis akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Jadi dibuatnya ini sangat berdampak pada perekonomian masyarakat," ujarnya.

Penggagas destinasi wisata Kampung Sembilangan yang akrab disapa Kang Mus membenarkan apa yang dikatakan Ike Suharjo. Dia menyebut bahwa destinasi yang berdiri 2018 tersebut besar karena kekuatan media sosial.

Awal mula digagas destinasi tersebut mendapatkan tentangan banyak masyarakat. Namun, setelah mulai dicoba dan dipublis ke media sosial banyak masyarakat tertarik hingga akhirnya ramai oleh pengunjung.

Banyaknya masyarakat pengunjung tersebut membuka peluang usaha masyarakat seperti berdagang, memancing, dan penyewaan perahu.

"Semakin banyak pengunjung yang datang masyarakat dapat membuka warung. Tidak hanya itu perahu nelayan biasa hanya buat mancing kini juga buat menyebrang," kata Kang Mus.

Setelah lama dilanda pandemi dan mengalami sejumlah kerusakan, Kang Mus bersama pemuda dikampung Sembilangan akan mulai memperbaiki dan bahkan menyediakan spot yang bagus untuk foto.

"Kami akan membuat spot yang instagramabel dan akan membuat sejumlah event seperti memancing," ujarnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini