Share

Puan Maharani : Komitmen Bersama Jadikan Pemilu 2024 Demokratis, Jujur, dan Adil

Carlos Roy Fajarta, · Selasa 16 Agustus 2022 12:12 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 337 2648751 puan-maharani-komitmen-bersama-jadikan-pemilu-2024-demokratis-jujur-dan-adil-bhxSpnUrLX.jpg Ketua DPR RI Puan Maharani saat sidang tahunan MPR. (tangkapan layar)

JAKARTA - Ketua DPR RI, Puan Maharani, menyebutkan pemerintah bersama legislatif mendukung terciptanya Pemilu 2024 yang berkualitas dan mengedepankan persatuan bangsa.

Hal tersebut disampaikan Puan Maharani dalam Pidato Pengantar Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI oleh Ketua DPR RI memperingati HUT Kemerdekaan Ke-77 RI pada Selasa (16/8/2022).

"Pelaksanaan Pemilu Legislatif, Presiden dan Pilkada Serentak akan dilaksanakan pada 2024. Tahapan Pemilu sudah dan sedang dijalankan KPU. Menjadi komitmen kita bersama, untuk menjadikan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang demokratis, jujur, adil, dan bermartabat," ujar Puan.

Ia menyebutkan, demokrasi di Indonesia berlandaskan nilai-nilai Pancasila, yaitu suatu pelaksanaan permusyawaratan dan perwakilan rakyat yang dipimpin hikmat dan kebijaksanaan yang menjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia, yang memiliki keberagaman suku, bahasa, agama, keyakinan, budaya dan karateristik wilayah.

Dengan demokrasi yang berlandaskan Pancasila, Puan menyebutkan, setiap kebijakan negara diarahkan untuk mempersatukan seluruh komponen bangsa Indonesia.

Hal tersebut seperti yang ada di dalam dasar Pembukaan UUD 1945 yakni melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan seluruh rakyat, mencerdaskan kehidupan seluruh anak bangsa serta ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

"Demokrasi adalah alat untuk mencapai masyarakat adil dan makmur. Pemilu merupakan upaya untuk menyempurnakan demokrasi. Dalam membangun peradaban demokrasi di Indonesia agar semakin maju, maka diperlukan Pelaksanaan Pemilu yang berkualitas," ucapnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Keberadaan partai politik peserta Pemilu yang semakin maju dalam mengartikulasikan kepentingan rakyat dan senantiasa memegang teguh komitmennya untuk menjaga dan mengawal Pancasila serta memperkukuh persatuan bangsa kata Puan juga menjadi hal penting.

Pemilu 1999, kata Puan, telah mengajarkan kepada masyarakat bagaimana menyikapi perbedaan dalam politik.

"Kita tentu paham kapan waktu bertanding, dan kapan waktu bersanding. Marilah kita bangun komitmen bersama untuk melaksanakan pesta demokrasi dengan aman, damai, bersuka ria dan tanpa memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa," tuturnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini