Share

Presiden Jokowi : Pembangunan IKN Harus Dijaga Keberlanjutannya

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Selasa 16 Agustus 2022 11:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 337 2648713 presiden-jokowi-pembangunan-ikn-harus-dijaga-keberlanjutannya-TVb0ZTQ3nq.jpg Presiden Jokowi saat pidato sidang tahunan MPR 2022. (tangkapan layar)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pembangunan ibu kota Nusantara (IKN) dijaga keberlanjutannya. Itu karena ia menegaskan, IKN bukan hanya untuk aparatur sipil negara (ASN), tapi juga milik inovator dan wirausahawan.

Hal tersebut disampaikan Jokowi saat pidato kenegaraannya dalam Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD pada Selasa (16/8/2022).

"Pembangunan Ibu Kota Nusantara harus dijaga keberlanjutannya. IKN bukan hanya untuk para ASN, tetapi juga para inovator dan para wirausahawan," ujar Jokowi dalam pidatonya.

Nantinya, kata Jokowi, IKN tidak hanya berisi kantor-kantor pemerintah, tetapi juga motor penggerak ekonomi baru.

"Bukan kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia," katanya.

Jokowi mengungkapkan, kawasan Inti Pusat Pemerintahan memang dibangun oleh APBN. Namun, selebihnya, 80% investasi swasta diundang untuk berpartisipasi.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain itu, Jokowi berharap semua agenda pada kepemimpinanya harus ditopang oleh manusia Indonesia yang unggul. Karena itu pada bidang kesehatan, ia meminta angka stunting dipangkas.

"Layanan promotif dan preventif serta layanan pengobatan harus semakin kuat dan merata. Akses anak usia didik terhadap layanan pendidikan yang berkualitas harus terus diprioritaskan. Para siswa dan mahasiswa harus dikenalkan pada dunia kerja sejak dini. Minat anak di bidang sains, teknologi, seni, dan olahraga harus didukung dan diapresiasi," ucapnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini