Share

Buka Sidang Tahunan MPR RI, Bamsoet Puji Upaya Jokowi Damaikan Rusia dan Ukraina

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 337 2648653 buka-sidang-tahunan-mpr-ri-bamsoet-puji-upaya-jokowi-damaikan-rusia-dan-ukraina-RvvEMqssaS.jpg Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Tangkapan layar)

JAKARTA - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mendamaikan konflik antara Rusia dengan Ukraina, yang dilakukan melalui kunjungan misi perdamaian ke kedua negara tersebut. Bamsoet menyebut upaya itu memperlihatkan sifat kenegarawanan Presiden Jokowi.

"Misi perdamaian Presiden, dengan mengunjungi Ukraina dan Rusia beberapa waktu yang lalu, patut kita berikan apresiasi yang setinggi-tingginya," kata Bamsoet saat pidato dalam sidang sidang tahunan MPR RI di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Menurut Bamsoet, misi perdamaian Jokowi untuk Rusia dan Ukraina sejalan dengan dasar pembentukan Indonesia yakni, ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Sebab, ditegaskan Bamsoet, tidak ada keuntungan dalam sebuah peperangan.

"Perang dengan alasan apa pun, selalu membawa petaka, kehancuran, dan kesengsaraan. Menghancurkan peradaban, yang telah dibangun berabad-abad lamanya. Membawa krisis kemanusiaan, krisis ekonomi, krisis pangan, dan krisis energi," ungkap Bamsoet.

Baca Juga: Peduli Pejuang Kanker, Donasi Rambut bersama Lifebuoy x MNC Peduli Tengah Berlangsung!

Mantan Ketua DPR RI tersebut menambahkan, perang Rusia - Ukraina berdampak pada bertambah tingginya angka pengungsi di dunia. Berdasarkan data Badan Pengungsi PBB, UNHCR, dalam kurun waktu kurang dari dua bulan sejak pasukan Rusia mulai perang di Ukraina, sebanyak 5 juta warga Ukraina telah meninggalkan negaranya.

"Warga Ukraina kini merupakan kelompok pengungsi kedua terbesar di dunia, setelah pengungsi Suriah yang jumlahnya mencapai 6,8 juta," kayanya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini