Share

Bamsoet Ingatkan Pesan Jokowi soal Ancaman Krisis Global: 320 Juta Penduduk Dunia Kelaparan Akut

Arie Dwi Satrio, Okezone · Selasa 16 Agustus 2022 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 16 337 2648645 bamsoet-ingatkan-pesan-jokowi-soal-ancaman-krisis-global-320-juta-penduduk-dunia-kelaparan-akut-xb65wqUeWw.jpg Ketua MPR RI Bambang Soesatyo saat pembukaan Sidang Tahunan MPR RI, Selasa (16/8/2022)/MPI

JAKARTA - Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengingatkan kembali pesan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal ancaman krisis global yang berpotensi berdampak pada Indonesia.

Diketahui, sekira 320 juta penduduk dunia saat ini berada dalam kondisi kelaparan akut akibat krisis global.

"Presiden Jokowi mengingatkan, bahwa ancaman krisis global kini ada di depan mata. Saat ini, sekitar 320 juta penduduk dunia berada dalam kondisi kelaparan akut," kata Bamsoet saat pidato dalam sidang sidang tahunan MPR RI di Gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Tak hanya itu, kata Bamsoet, berdasarkan data Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia, sebanyak 66 negara diprediksi bakal bangkrut dan ambruk. Salah satu negara yang sudah mengalami kebangkrutan yakni, Sri Lanka.

"Menurut data IMF dan Bank Dunia, perekonomian 66 negara diprediksi akan bangkrut dan ambruk. Pelambatan dan kontraksi pertumbuhan ekonomi global, semakin diperburuk oleh tingginya kenaikan inflasi," terangnya.

Ancaman krisis global tersebut juga berdampak pada Indonesia. Di mana, harga bahan pangan hingga minya ikut naik.

Namun, kata Bamsoet, berdasarkan hasil survei Bloomberg, Indonesia diprediksi negara yang kecil beresiko resesi dibandingkan negara lainnya.

"'Dari hasil survey Bloomberg, Indonesia dinilai sebagai negara dengan resiko resesi yang kecil, hanya tiga persen, sangat jauh jika dibandingkan dengan rata-rata negara Amerika dan Eropa, yang mencapai 40 hingga 55 persen, ataupun negara Asia Pasifik pada rentang antara 20 hingga 25 persen," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini