Share

Presiden Jokowi Akan Kenakan Pakaian Adat Dolomani dari Kesultanan Buton saat Upacara HUT ke-77 RI

Andhy Eba, iNews · Senin 15 Agustus 2022 22:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 337 2648452 presiden-jokowi-akan-kenakan-pakaian-adat-dolomani-dari-kesultanan-buton-saat-upacara-hut-ke-77-ri-LOlYHc6P1R.JPG Husain, penjahit yang dipercaya membuat baju Jokowi (Foto MPI)

BAUBAU - Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), mengirim pakaian adat Kesultanan Buton ke Istana Negara Republik Indonesia. Pakaian adat ini rencananya akan dikenakan Presiden Joko Widodo, pada saat Upacara Hari Kemerdekaan Ke-77 RI.

Salah satu yang beberapa tahun terakhir menarik perhatian adalah baju adat yang dikenakan presiden Joko Widodo (Jokowi) selaku inspektur upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

Tahun ini, pihak istana memesan dua baju daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra), salah satunya yaitu baju Kesultanan Buton.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah atau Dekranasda Kota Baubau, Wa Ode Nursanti Monianse, membenarkan pengiriman baju adat Kesultanan Buton ke Istana.

Baju adat Kesultanan Buton yang dikirim ke istana negara rencananya bakal dikenakan orang nomor satu di Indonesia ini disebut pakaian adat Dolomani.

"Pakaian adat Dolomani merupakan salah satu pakaian kebesaran Sultan Buton saat menghadiri upacara-upacara resmi di kesultanan buton," kata Wa Ode Nursanti.

Pakaian adat kesultanan buton yang dikirim terdiri mulai dari baju, celana, sarung, dan kopiah.

Pakaian adat yang dikirim ke Istana Negara tersebut, dipesan dan dijahit khusus oleh penjahit lokal yaitu Campaga Tailor yang ada di Kota Baubau.

Pakaian Adat Dolomani yang rencananya akan digunakan presiden, berwarna merah sesuai permintaan secara langsung istana negara.

Husain perancang sekaligus penjahit baju presiden tidak nyangka hasil karyanya akan digunakan oleh presiden.

Dia mengaku, waktu pengerjaan baju tersebut juga terbilang cepat, hanya sekitar dua hari sejak dipesan oleh pihak istana. "Dan diselesaikan dengan hasil yang maksimal," katanya.

Informasi yang diterima, untuk tahun ini giliran pakaian adat provinsi Sultra untuk digunakan Presiden Jokowi saat mengikuti upacara HUT Ke-77 RI, selain baju adat Kesultanan Buton, Pemerintah Provinsi Sultra juga mengirim baju khas suku Tolaki.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini