Share

10 Kutipan Bung Karno soal Kemerdekaan RI

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 16 Agustus 2022 07:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 337 2648405 10-kutipan-bung-karno-soal-kemerdekaan-ri-PO8JSSxuvH.jpg Berikut 10 kutipan Soekarno soal kemerdekaan RI. (Ist)

SEBAGAI Presiden Pertama Republik Indonesia, pencetus dasar negara Pancasila, dan tokoh pergerakan nasional, Soekarno memiliki kecerdasan serta kewibawaan yang tidak terbantah. Kiprahnya dalam membakar semangat pemuda Indonesia sebelum maupun setelah kemerdekaan sangatlah penting.

Meski telah tiada, perjuangan hingga kata-kata Soekarno yang pernah dilontarkan mengenai perjuangan kemerdekaan tetap membekas dan terkenang dalam hati masyarakat. Berikut kutipan-kutipan Soekarno mengenai kemerdekaan, sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber pada Selasa (16/8/2022) :

1. “Saatnya telah tiba untuk meyakinkan dunia bahwa aku bukan boneka Jepang.”

2. “Kita bangsa besar, kita bukan bangsa tempe. Kita tidak akan mengemis, kita tidak akan meminta-minta, apalagi jika bantuan-bantuan itu diembel-embeli dengan syarat ini syarat itu! Lebih baik makan gaplek tetap merdeka, daripada makan bistik tapi budak.”

3. “Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan.”

4. “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

5. “Merdeka hanyalah sebuah jembatan, walaupun jembatan emas, di seberang jembatan itu jalan pecah dua: satu ke dunia sama rata sama rasa, satu ke dunia sama ratap sama tangis!”

6. “Kami menggoyangkan langit, menggempakan darat, dan menggelorakan samudera agar tidak jadi bangsa yang hidup hanya dari 2 ½ sen sehari. Bangsa yang kerja keras, bukan bangsa tempe, bukan bangsa kuli. Bangsa yang rela menderita demi pembelian cita-cita.

7. “Kita jangan pernah mewarisi abunya sumpah pemuda, tetapi kita harus mewarisi apinya sumpah pemuda.”

8. “Berilah aku 1.000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Berikan aku 1 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

9. “Kemerdekaan hanyalah didapat dan dimiliki oleh bangsa yang jiwanya berkobar-kobar dengan tekad merdeka atau mati.”

10. “Negara Republik Indonesia ini bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan milik suatu golongan adat-istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke!”

(Diolah dari beberapa sumber/Litbang MPI/Stefani Ira Pratiwi)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini