Share

10 Peserta dengan Beragam Latar Belakang Perebutkan Kursi Dirjen Imigrasi

Nanda Aria, Okezone · Senin 15 Agustus 2022 18:55 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 337 2648362 10-peserta-dengan-beragam-latar-belakang-perebutkan-kursi-dirjen-imigrasi-xGZ8tMFxQZ.jpg Proses seleksi Dirjen Imigrasi/ Foto: Kemenkum HAM

JAKARTA – 10 orang peserta lulus seleksi administrasi jabatan pimpinan tinggi madya untuk posisi Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI.

Peserta yang dinyatakan lulus, wajib mengikuti tahapan seleksi berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (penulisan makalah) dan Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural (asesmen).

 BACA JUGA:Diterjang Angin Kencang, 61 Rumah di Bogor Rusak

Seleksi Kompetensi Bidang dilaksanakan pada Senin, (15/8/2022), di Graha Pengayoman,Gedung Sekretariat Jenderal Kemenkumham, sedangkan Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural (asesmen) diselenggarakan pada Selasa hingga Jumat (16 sampai 19 Agustus 2022) di Pusat Penilaian Kompetensi ASN, Gedung II, Lantai 2, Badan Kepegawaian Negara.

Selain kedua seleksi tersebut, peserta juga harus melalui tahap wawancara, yang jadwalnya akan diumumkan usai pelaksanaan Seleksi Kompetensi Manajerial dan Sosial Kultural.

 BACA JUGA:Pria yang Tewas Dibacok di Bogor, Diduga karena Saling Ejek dengan Rekannya

Nama-nama 10 peserta yang masuk ke tahap seleksi selanjutnya di antaranya adalah:

1. Dicky Fabrian

2. Jamaruli Manihuruk

3. Masyhudi

4. Julexi Tambayong

5. Maulana

6. Ratna Pristiana Mulya

7. Widodo Ekatjahjana

8. Hermansyah Siregar

9. Lucky Agung Binarto

10. Eddy Hartono

Kesepuluh orang tersebut dianggap memiliki rekam jejak jabatan, integritas dan moralitas yang baik, pengalaman jabatan dalam bidang tugas yang terkait dengan jabatan yang akan diduduki secara kumulatif paling singkat selama 7 (tujuh) tahun; serta sehat jasmani dan rohani.

Latar belakang para peserta terbilang beragam. Sebagian besar di antaranya merupakan ASN di lingkungan Kemenkumham. Jamaruli Manihuruk misalnya, saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Hukum pada Badan Penelitian dan Pengembangan Hukum dan HAM RI.

Hermansyah Siregar saat ini menjabat sebagai Kepala Pusat Data dan Informasi Sekretariat Jenderal Kemenkumham. Sedangkan Lucky Agung Binarto merupakan Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM bidang Ekonomi.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Imigrasi saat ini yang juga ikut serta dalam seleksi dan juga menjabat sebagai Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham, Widodo Ekatjahjana, juga merupakan ASN Kemenkumham dengan latar belakang akademisi.

Sementara itu, Dicky Fabrian dan Masyhudi adalah dua orang peserta berlatar belakang ASN yang berasal dari Kementerian Luar Negeri dan lingkungan Kejaksaan.

 BACA JUGA:Hotman Paris: Karyawan Alfamart Lawan, Jangan Minta Maaf Kalau Tidak Bersalah

Selain peserta berlatar belakang ASN, hadir pula peserta berlatar belakang polisi, yaitu Ratna Pristiana Mulya yang saat menjabat sebagai Direktur Intelijen Keimigrasian saat ini, demikian pula Eddy Hartono yang sejak 2021 lalu menjabat sebagai Widyaiswara di Lembaga Diklat Polri.

Terakhir adalah Julexi Tambayong, satu-satunya peserta seleksi yang berlatar belakang militer asal TNI AU.

“Seleksi ini adalah kesempatan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat melalui pemajuan layanan keimigrasian.” Jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Andap Budhi Revyanto.

 BACA JUGA:Toko Bangunan Terlengkap? Ukur.com Solusi Paling Tepat

"Ambil kesempatan ini. Gunakan kemampuan untuk pemajuan pelayanan keimigrasian. Sekaligus sebagai pengembangan karir," tambahnya.

Adapun, setiap perkembangan seleksi terbuka dapat diakses pada laman https://pansel.kemenkumham.go.id. Andap berharap peserta dapat aktif mengikuti perkembangan seleksi untuk mencegah kegagalan karena kelalaian peserta sendiri.

"Kelalaian tidak mengikuti perkembangan informasi menjadi tanggung jawab pelamar," tutup Andap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini