Share

Besok, Komnas HAM Mulai Susun Temuan Kasus Penembakan Brigadir J

Achmad Al Fiqri, MNC Portal · Senin 15 Agustus 2022 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 337 2648337 besok-komnas-ham-mulai-susun-temuan-kasus-penembakan-brigadir-j-sxGyI4Whxc.jpg Komisioner Komnas HAM Choirul Anam (Foto: Dok Okezone)

JAKARTA - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) akan menyusun laporan dan memberikan rekomendasi atas pemantauan dan penyelidikan tewasnya Brigadir J pada pekan ini.

Langkah itu diambil setelah Komnas HAM melakukan pemantauan langsung ke tempat kejadian perkara (TKP) Brigadir J dinyatakan tewas, di rumah dinas Irjen Pol Ferdy Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan.

"Mulai besok, minggu ini, Komnas HAM mau menyusun temuan-temuan kami. Minggu ini kami menyiapkan draft yang nantinya akan kami diskusikan secara mendalam di internal tim dan menyiapkan juga sejumlah rekomendasi yang dibutuhkan segera," ujar Komisioner Komnas HAM Chairul Anam usai lakukan pemantauan TKP Duren Tiga, Jakarta Selatan, Senin (15/8/2022).

BACA JUGA:Olah TKP di Rumah Dinas Ferdy Sambo, Komnas HAM Apresiasi Keterbukaan Polisi 

Anam membeberkan, temuan dalam pemantauan itu seperti dugaan upaya menghalang-halangi penyidikan atau obstruction of justice hingga konstruksi peristiwa penembakan Brigadir J.

"Beberapa topik maslaah semakin terang benderang beberapa topik masalah misalnya terkait obstruction of justice semakin menguat, gitu ya," ujar Anam.

Kendati bakal menyusun laporan, Anam berkata, pihaknya masih memerlukan keterangan dari istri Irjen Pol Ferdy Sambo, Putri Chandrawati. "Bu PC itu kan masih berproses di kami, dan itu kan juga penting karena ada beberapa bahan yang kami harus pastikan terkait bu PC ini," terangnya.

Kendati demikian, Anam mengatakan, pihaknya masih berupaya untuk menghubungi Putri. Hal itu ditujukan untuk memastikan ketersediaan waktu pemeriksaan Putri.

"Proses untuk Bu PC, kami sedang berproses untuk menanyakan kapan bisanya dan sebagainya, itu yang sedang berjalan ya," ujar Anam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini