Share

Presiden Jokowi Kukuhkan Anggota Paskibraka di Istana Merdeka

Raka Dwi Novianto, Sindonews · Senin 15 Agustus 2022 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 337 2648252 presiden-jokowi-kukuhkan-anggota-paskibraka-di-istana-merdeka-li639LFbOc.jpg Presiden Joko Widodo dan Wapres Maruf Amin kukuhkan Paskibraka di Istana (foto: dok biro pers)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pengukuhan terhadap pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) di halaman depan Istana Merdeka, Senin 15 Agustus 2022.

Jokowi yang menjadi pembina pada upacara pengukuhan tersebut, berharap kepada para Paskibraka dapat menjalankan tugasnya sebaik mungkin pada 17 Agustus 2022 nanti.

"Dengan memohon ridho Allah Yang Maha Kuasa pada hari ini saya mengukuhkan saudara-saudara sebagai pasukan pengibar bendera pusaka yang akan bertugas di Istana Merdeka pada tanggal 17 Agustus 2022. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa memberikan rahmat dan kemudahan dalam tugas negara. Jakarta 15 Agustus 2022 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo," kata Jokowi yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden, Senin (15/8/2022).

 BACA JUGA:HUT Ke-77 RI, Jalan Menuju Istana Negara Ditutup

Upacara tersebut dipimpin oleh seorang paskibraka perempuan bernama Savina Fasha yang berasal dari DKI Jakarta. Savina juga menjadi perwakilan yang turut berikrar dengan mencium bendera merah putih.

Selain itu, dibacakan juga ikrar putra Indonesia calon pengibar bendera pusaka oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi.

 BACA JUGA:Menapaki Makam Bung Karno di Blitar Jelang HUT Ke-77 RI

Berikut isi ikrar putra Indonesia :

Ikrar putra Indonesia aku mengaku putra Indonesia dan berdasarkan pengakuan itu Aku mengaku bahwa aku adalah mahluk Tuhan Sang Maha Pencipta dan bersumber PadaNya

Aku mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia

Aku mengaku berbangsa satu bangsa Indonesia

Aku mengaku bernegara satu negara Kesatuan Republik Indonesia

yang berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945

Aku mengaku berjiwa dan berideologi satu jiwa dan dan ideologi Pancasila dan satu Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945

Aku mengaku bertujuan satu masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila

Aku mengaku kebhinekaan dalam kesatuan budaya bangsa

Aku mengaku sebagai generasi penerus perjuangan besar kemerdekaan dengan akhlak dan insan menurut ridho Yang Maha Esa

Berdasarkan pengakuan-pengakuan ini dan demi kehormatanku sebagai kader bangsa aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku untuk mengamalkan semua pengakuan ini dalam karya hidupku sehari-hari

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkati niatku ini dengan taufik dan hidayah-Nya serta Inayah Nya

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini