Share

Rekaman CCTV Detik-Detik Brigadir J Dieksekusi, Fakta Kapolri hingga Pengakuan Ferdy Sambo

Tim Okezone, Okezone · Senin 15 Agustus 2022 09:19 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 15 337 2647862 rekaman-cctv-detik-detik-brigadir-j-dieksekusi-fakta-kapolri-hingga-pengakuan-ferdy-sambo-pBdU7jqRi1.jpg Irjen Ferdy Sambo (Foto: Propam Polri)

JAKARTA - Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J dieksekusi Bharada Richard Eliezer (Bharada E) di kediaman mantan Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo.

Brigadir J tewas ditembak atas perintah jenderal bintang dua tersebut di lantai 3 kediaman Sambo di Jalan Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada Jumat 8 Juli 2022 diduga antara pukul 17.10 hingga 17.23 WIB.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyebut bahwa Irjen Ferdy Sambo telah merekayasa kasus penembakan Brigadir J. Sambo, kata dia, menembak dinding di lokasi kejadian dengan pistol milik Brigadir J agar seolah-olah peristiwa itu merupakan tembak menembak.

"Untuk membuat seolah olah terjadi tembak menembak saudara FS melalukan penembakan dengan senjata milik J ke dinding berkali-kali membuat kesan seolah terjadi tembak menembak," kata Sigit, Selasa 9 Agustus 2022.

Sigit Prabowo menyebut bahwa Irjen Ferdy Sambo menyuruh Bharada E menembak Brigadir J. Padahal, tidak ada peristiwa tembak menembak

Baca juga: Kamaruddin Diminta Beri Bukti Pembunuhan Brigadir J, Tak Banyak Ngoceh ke Media

"Timsus menemukan bahwa peristiwa terjadi adalah peristiwa penembakan terhadap Saudara J dilakukan oleh RE atas perintah FS," kata Kapolri.

Baca: Deolipa Dipecat Jadi Kuasa Hukum Bharada E, Disebut Kebanyakan Nganggur

Berdasarkan video dari rekaman CCTV yang dikumpulkan Timsus Polri, sebelum tewas Brigadir J masih mengawal istri Ferdy Sambo, Putri Chandrawati dari Magelang menuju DKI Jakarta.

Tampak rombongan yang terdiri atas 3 mobil itu terekam CCTV Dishub Magelang di Jalan Urip Sumoharjo menuju Jalan Ahmad Yani, Kota Magelang pukul 09.38 WIB. Saat itu, Brigadir J dab Putri Chandrawathi berada dalam mobil yang terpisah.

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Lalu rombongan ini berhenti di rest area KM 86 B Tol Cipali sekira pukul 14.00 WIB. Sekira 3 menit kemudian, tampak Brigadir J dengan mengenakan pakaian warna putih dengan celana jeans warna biru keluar dari mobil SUV hitam menuju toilet. Pukul 14.06 WIB, rombongan sudah meninggalkan rest area.

Iring-iringan rombongan tersebut kembali terekam CCTV ketika memasuki Jakarta, tepatnya di Mampang. Rombongan terekam CCTV sekira pukul 15.32 WIB.

Selanjutnya, Irjen Ferdy Sambo dengan pakaian dinas tampak memasuki rumah pribadinya di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada pukul 15.29 WIB.

Pada 15.37 WIB, tampak nakes yang diketahui hendak melakukan tes PCR memasuki rumah Ferdy Sambo. Sementara pada 15.40 WIB, tampak rombongan istri Ferdy Sambo tiba di rumah.

Semenit menit kemudian, Putri Chandrawathi terekam CCTV masuk ke rumah dengan sweater hijau dan celana legging hitam. Sementara para ajudan tampak mengemas barang dari mobil untuk dimasukkan ke rumah. Saat itu, Brigadir J juga ikut masuk ke dalam rumah.

Baca juga: Sore Ini Komnas HAM Bakal Kunjungi TKP Pembunuhan Brigadir J, Apa yang Dicari?

Rekaman lainnya menunjukkan Putri Chandrawati melakukan tes PCR di teras rumahnya.

Di sisi lain, pada pukul 15.49 WIB Brigadir J masih tampak memindahkan barang bawaan ke dalam rumah Irjen Ferdy Sambo. Kemudian, Brigadir J dan Bharada E ikut melakukan tes PCR.

Baca juga: Kejagung Bakal Percepat Penanganan Kasus Ferdy Sambo

Kemudian pada pukul 17.05 WIB, tampak Putri Chandrawati keluar rumah menuju mobil warna hitam, disusul Ferdy Sambo pada 17.10 WIB dengan menggunakan mobil berbeda.

Selanjutnya, CCTV di Kompleks Duren Tiga merekam mobil yang ditumpangi Irjen Ferdy Sambo dengan pengawalan motor patwal melewati Duren Tiga Barat, menuju rumah dinasnya.

Pada pukul 17.23 WIB, tampak Putri Chandrawathi kembali ke rumah pribadinya dengan mengenakan piyama.

Mulai saat itu, CCTV di rumah pribadi Ferdy Sambo tak lagi merekam keberadaan Brigadir J.

Ada rentang waktu 13 menit sebelum Brigadir J hilang dari pengamatan CCTV.

Pada 18.33 WIB, tampak mobil dinas Satreksrim Jaksel melintas di Duren Tiga 1 mengarah ke rumah Ferdy Sambo, yang disebut menjadi TKP tewasnya Brigadir J.

Tak berselang lama, tampak mobil Pajero diikuti ambulans melintas di Jalan Duren Tiga Utara mengarah keluar kompleks Polri.

Iring-iringan mobil itu terekam CCTV di sejumlah lokasi, di antaranya di dekat PGC, Dewi Sartika, dan JPO Kramat Jadi. Pukul 20.16 WIB tampak mobil ambulans provos memasuki RS Polri.

Dalam kasus pembunuhan Brigadir J, Timsus Polri menetapkan 4 tersangka. Mereka adalah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer (Bharada E), Brigadir Ricky Rizal, dan sopir Kuat Maruf.

Baca juga: 4 Polisi Baru yang Dikurung karena Langgar Etik Kasus Brigadir J, Personel Polda Metro Berpangkat Pamen

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini