Share

Di Jambore Nasional, Jenderal Dudung Bicara Makna Bangunan Utuh NKRI

Bachtiar Rojab, MNC Media · Minggu 14 Agustus 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 14 337 2647643 di-jambore-nasional-jenderal-dudung-bicara-makna-bangunan-utuh-nkri-rwnTlsunMB.jpg KSAD Jenderal Dudung Abdurachman saat Jambore Nasional XI Tahun 2022 (Foto: Bachtiar Rojab)

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengungkap pesan kebangsaan saat mengikuti upacara pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) XI tahun 2022. Dalam acara tersebut, Dudung turut menjelaskan arti bangunan utuh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dudung yang sekaligus menjadi Ketua Majelis Pembimbing Saka Wira Kartika Nasional di hari jadi Pramuka ke-61 itu, berpesan kepada anggota Pramuka sebagai tunas-tunas generasi bangsa agar memahami bangunan kokoh NKRI.

"Pondasinya adalah Kebhinekaan, tiangnya persatuan dan kesatuan, atapnya NKRI, dan Pancasila sebagai landasan Bangsa, untuk menghadapi setiap bentuk ancaman," ujar Dudung di di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (14/8/2022).

BACA JUGA:Jokowi Singgung Ancaman Krisis Global di HUT Ke-61 Pramuka 

Lebih lanjut, Dudung mengajak kepada para Pramuka menjadikan event lima tahunan ini sebagai sarana dalam meningkatkan semangat juang, kedisiplinan dan loyalitas.

Adapun Jambore Nasional XI yang digelar dari tanggal 14 sampai tanggal 21 Agustus tersebut mengusung tema 'Melalui Kegiatan Jamnas XI Tahun 2022 Kita Wujudkan Pramuka yang Ceria, Berdedikasi dan Berprestasi'.

BACA JUGA:7 Pelajar Kesurupan saat Acara Berkemah HUT Ke-61 Pramuka di Sukabumi 

Kegiatan tersebut, juga turut diikuti oleh 9.468 peserta dari masing-masing Kwarda dan Kwarcab seluruh Indonesia, termasuk utusan organisasi Pramuka di kawasan Asia Pasifik.

Dalam kesempatan itu, Dudung berkesempatan memukul bedug bersama Ketua Kwarnas dan Sekjen Kwarnas sebagai tanda dibukanya Jambore Nasional ke-11 tahun 2022, yang langsung diikuti sejumlah pertunjukan di antaranya display Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL) Akmil, pentas seni daerah, hingga ketangkasan dalam mendirikan tenda.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini