Share

Terkuak dari CCTV, Misteri 13 Menit "Menghilangnya" Brigadir J

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 12 Agustus 2022 11:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 337 2646559 terkuak-dari-cctv-misteri-13-menit-menghilangnya-brigadir-j-0RKyKn6QeY.jpg Brigadir J sempat tampak dalam CCTV di rumah Irjen Sambo (Foto; Ist)

JAKARTA - Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat (Brigadir J) diduga dibunuh pada Jumat 8 Juli di antara pukul 17.10 hingga 17.23 WIB di kediaman Irjen Ferdy Sambo, di Duren Tiga, Jakarta Selatan.

Rekaman CCTV jelang tewasnya Brigadir J menampilkan kondisi jelang waktu kejadian tewasnya ajudan Ferdy Sambo itu.

Dari video yang beredar, rekaman CCTV menunjukkan iring-iringan mobil yang membawa rombongan Irjen Ferdy Sambo, istrinya Putri Chandrawati, dan Brigadir J pulang dari Kota Magelang, menuju Jakarta pada 8 Juli 2022.

Tampak rombongan yang terdiri atas 3 mobil itu terekam CCTV berhenti di rest area KM 86 B Tol Cipali sekira pukul 14.00 WIB. Selang 3 menit kemudian, tampak Brigadir J dengan mengenakan pakaian warna putih dengan celana jeans warna biru keluar dari mobil SUV hitam. Pukul 14.06 WIB, rombongan tersebut meninggalkan rest area.

Iring-iringan rombongan tersebut kembali terekam CCTV ketika memasuki Jakarta, tepatnya di Mampang. Rombongan terekam CCTV sekira pukul 15.32 WIB.

Selanjutnya, Irjen Ferdy Sambo dengan pakaian dinas tampak memasuki rumah pribadinya di Jalan Saguling, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada pukul 15.29 WIB.

Pada 15.37 WIB, tampak nakes yang diketahui hendak melakukan tes PCR memasuki rumah Ferdy Sambo. Sementara pada 15.40 WIB, tampak rombongan istri Ferdy Sambo tiba di rumah. Selang 1 menit kemudian, terekam Putri Chandrawathi masuk ke rumah dengan sweater hijau dan celana legging hitam. Sementara para ajudan tampak mengemas barang dari mobil untuk dimasukkan ke rumah. Di sana tampak pula Brigadir J masuk ke dalam rumah.

Rekaman lainnya menunjukkan Putri Chandrawati melakukan tes PCR di teras rumahnya.

Brigadir J tampak 15.49 WIB masih memindahkan barang bawaan ke rumah Irjen Ferdy Sambo. Tampak pula Bharada Richard Eliezer (Bharada E) dan Brigadir J tengah dites PCR hingga keduanya keluar dari rumah Irjen Ferdy Sambo.

Pada pukul 17.05 WIB, tampak Putri Chandrawati keluar rumah menuju mobil warna hitam, disusul Ferdy Sambo pada 17.10 WIB yang naik mobil berbeda.

Selanjutnya, CCTV di Kompleks Duren Tiga merekam mobil yang ditumpangi Irjen Ferdy Sambo dengan pengawalan motor patwal melewati Duren Tiga Barat, menuju rumah dinasnya.

Pada pukul 17.23 WIB, tampak Putri Chandrawathi kembali ke rumah pribadinya dengan mengenakan piyama. Mulai saat itu, CCTV di rumah pribadi Irjen Ferdy Sambo tak lagi merekam keberadaan Brigadir J.

Ada rentang waktu 13 menit sebelum Brigadir J hilang dari pengamatan CCTV.

Pada 18.33 WIB, tampak mobil dinas Satreksrim Jaksel melintas di Duren Tiga 1 mengarah ke rumah dinas Kadiv Propam, yang disebut TKP tewasnya Brigadir J. Selain itu, tampak mobil Pajero diikuti ambulans melintas di Jalan Duren Tiga Utara menarah keluar kompleks Polri.

Iring-iringan mobil itu terekam CCTV di sejumlah lokasi, di antaranya di dekat PGC, Dewi Sartika, dan JPO Kramat Jadi. Pukul 20.16 WIB tampak mobil ambulans provos memasuki RS Polri.

Sebagaimana diketahui, dalam kasus kematian Brigadir J, Polri telah menetapkan 4 tersangka. Mereka adalah mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Bharada Richard Eliezer (Bharada E), Brigadir Ricky Rizal, dan sopir Kuat Maruf.

Atas perbuatannya, mereka semua disangka melanggar Pasal 340 subsidair Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini