Share

Bharada E Cabut Kuasa Hukum Burhanuddin dan Deolipa, Apa Alasannya?

Puteranegara Batubara, Okezone · Jum'at 12 Agustus 2022 10:51 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 337 2646505 bharada-e-cabut-kuasa-hukum-burhanuddin-dan-deolipa-apa-alasannya-6eobZQRKDs.jpg Bharada E. (Foto: MPI)

JAKARTA - Bareskrim Polri memastikan bahwa Buhanuddin dan Deolipa Yumara kuasanya telah dicabut oleh Bharada E sebagai kuasa hukum dalam kasus penembakan yang menewaskan Brigadir J.

"Iya betul," kata Dir Tipidum Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi saat dikonfirmasi soal pencabutan kuasa Pengacara Bharada E, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Andi tak menyebut secara gamblang alasan pencabutan kuasa kedua pengacara Bharada E yang baru sekira satu minggu bertugas tersebut.

"Ya namanya juga ditunjuk, kalau penunjukannya ditarik, kan terserah yang nunjuk. Penyidik yang menunjuk untuk Bharada E," ujar Andi.

Pencabutan kuasa itu tertuang dalam surat beredar yang berbunyi:

 Baca juga: Bharada E Diperiksa Komnas HAM, Penjagaan Mako Brimob Diperketat

"Dengan ini saya selaku pemberi kuasa menyatakan mencabut kuasa tersebut terhitung sejak tanggal surat ini ditandatangani. Surat pencabutan ini saya buat dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Demikian surat pencabutan kuasa ini untuk digunakan sebagaimana mestinya".

Surat itu ditandatangani oleh Richard Eliezer Pudihang Lumiu pada 10 Agustus 2022. Tampak pula materai ditempel di surat tersebut.

Diketahui, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto sempat menyindir dua pengacara tersebut soal keberanian atas kesaksian dari Bharada E.

Agus menyebut, upaya dari tim khusus (timsus) yang akhirnya membuat Bharada E membuka fakta sebenarnya kasus penembakan Brigadir J.

"Bukan karena pengacara itu dia (Bharada E) mengaku," ujar Agus, Selasa 9 Agustus 2022 lalu.

Menurut Agus, penyidik melakukan pendekatan dan penjelasan kepada Bharada E terkait dengan perkara hukum yang menimpanya saat ini.

"Karena apa yang dilakukan oleh penyidik, apa yang dilakukan oleh timsus menyampaikan kepada dia kasih orangtuanya didatangkan, adalah upaya membuat dia untuk tergugah bahwa ancamannya cukup berat, jadi jangan tanggung sendiri," ucap Agus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini