Share

Wapres: Pesantren Jadi Mitra Bukan Musuh Pemerintah

Binti Mufarida, Sindonews · Jum'at 12 Agustus 2022 06:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 12 337 2646372 wapres-pesantren-jadi-mitra-bukan-musuh-pemerintah-jaydXugBZd.jpg Wapres Maruf Amin (Foto: Sindo)

JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap agar pesantren menjadi mitra pemerintah, bukan musuh seperti dulu saat penjajahan Belanda.

“Saya harap pesantren itu adalah menjadi mitra pemerintah sadiul hukumah, bukan menjadi musuh pemerintah. Jangan pesantren menciptakan kader-kader untuk melawan pemerintah, itu dulu pemerintah Belanda, sekarang ini pemerintahnya adalah pemerintah sendiri,” kata Wapres dikutip dari keterangannya saat kunjungan kerja di Kalimantan Selatan, Jumat (12/8/2022).

Wapres mengatakan dengan pesantren sebagai mitra pemerintah maka akan mempercepat kesejahteraan masyarakat di Indonesia. “Karena itu gimana pesantren bermitra dengan pemerintah untuk kita mempercepat proses kesejahteraan ini.”

Baca juga: Wapres: 17 Agustus Jadi Semangat untuk Bangkit dari Pandemi Covid-19

Apalagi, kata Wapres, sejak dulu pesantren memiliki dua fungsi yang pertama yaitu mencetak para Kiai almutaffuqihina fiddin dan juga menjadikan pusat pemberdayaan masyarakat.

“Sejak dulu pesantren memang punya fungsi dua, yaitu menyediakan atau menyiapkan ulama yang paham agama dan menyiapkan para pejuang tanah air,” katanya.

Baca juga: Wapres: 17 Agustus Jadi Momentum Hadapi Kemungkinan Resesi 2023

“Karena itu dari pesantren itu selain muncul kiai, ustad dai juga muncul juga pejuang tanah air di dalam rangka membela negara republik Indonesia, fisabillah yang kemudian menjadi pejuang-pejuang bangsa dan negara,” tegas Wapres.

(fkh)

1
1

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini