Share

Usut Narkoba Jaringan Internasional, Polri Bakal Tindak Tegas Seluruh Bandar

Puteranegara Batubara, Okezone · Kamis 11 Agustus 2022 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 337 2646187 usut-narkoba-jaringan-internasional-polri-bakal-tindak-tegas-seluruh-bandar-Fqkmd2MZQc.jpg Bareskrim tangkap pengendar narkoba jaringan Internasional (foto: MPI/Putera)

JAKARTA - Polri memastikan bahwa pihaknya tidak akan ragu untuk menindak tegas terhadap seluruh bandar narkoba di Indonesia. Pasalnya, Korps Bhayangkara telah berkomitmen sejak awal untuk menumpas kejahatan barang haram tersebut.

"Polri sesuai dengan arahan Pak Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah berkomitmen untuk tidak segan menindak tegas seluruh bandar narkoba sampai ke akar-akarnya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo kepada awak media, Jakarta, Kamis (11/8/2022).

Polri, ditegaskan Dedi, tidak akan toleransi terhadap bandar dan pihak-pihak pengedar narkotika di Indonesia. Hal itu juga akan dikuatkan dengan adanya sinergitas dan soliditas ke seluruh lembaga atau instansi terkait.

"Polri juga terus berkoordinasi dan bersinergi dengan seluruh pihak terkait untuk mencegah peredaran narkoba di Indonesia," ujar Dedi.

 BACA JUGA: Bareskrim Bongkar Kasus Narkoba Jaringan Internasional, Libatkan Oknum dan Mantan Polisi

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri mengungkap kasus peredaran narkoba yang berasal dari jaringan Jerman, Malaysia dan Jakarta.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Siregar menyebut pihaknya melihat ada peningkatan penyitaan barang bukti narkotika jenis pil XTC atau ekstasi.

"Diperoleh fakta terjadi peningkatan kegiatan di tempat hiburan malam akibat dilonggarkannya PPKM dan diindikasikan terjadi peredaran gelap narkoba di tempat hiburan malam," ujar Krisno.

 BACA JUGA:Polisi Gagalkan Peredaran Narkoba Jaringan Malaysia, 2 Kg Sabu dan 943 Butir Ekstasi Disita

Dalam hal ini, polisi menangkap 25 orang tersangka yang dibagi menjadi beberapa klaster. Diantaranya, jaringan Jakarta-Cirebon, jaringan Bandung, jaringan Medan, dan jaringan Surabaya-Bali.

 

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Krisno mengungkapkan bahwa, dari 25 tersangka dua di antaranya merupakan anggota Polri aktif dan mantan anggota Polri.

"Terdapat satu orang polisi aktif dan satu orang mantan polisi. Perannya yang pertama adalah dia sebagai kurir dari bandar. Kedua, dia penyalahguna, tetapi dia juga kurir dan mengakui bahwa dia sudah mengirimkan pengiriman beberapa kali," tutur Krisno.

Dalam operasi kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) itu, polisi menyita barang bukti ekstasi sebanyak, 16.394 butir, Sabu 40,8 gram, Erimin Five 277 butir, Cathinone 700 gram.

Ekstasi ketamine 16 sachet, ketamine cair sebanyak 140 botol kecil atau 420 ML. Ketamine cair botol besar sebanyak 182 botol sebanyak 910 ML dan satu buah timbangan digital.

Atas perbuatannya tersangka disangka melanggar Pasal 114 Ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika, subsidair Pasal 111 Ayat (2) Jo Pasal 132 Ayat (1).

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini