Share

Komnas HAM: Pemeriksaan Ferdy Sambo untuk Dalami Dugaan Adanya Pelanggaran HAM

Martin Ronaldo, MNC Portal · Kamis 11 Agustus 2022 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 11 337 2645875 komnas-ham-pemeriksaan-ferdy-sambo-untuk-dalami-dugaan-adanya-pelanggaran-ham-LVcKpvILGJ.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Komnas HAM menjadwalkan pemeriksaan terhadap mantan Kadiv Propam, Irjen Pol Ferdy Sambo pada hari ini, Kamis (11/8/2022), pukul 14.00 WIB.

Sejumlah hal penting akan didalami lembaga tersebut, salah satunya termasuk mengenai adanya dugaan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) atau tidak dalam kasus kematian Brigadir J.

"Yang pasti dari pemeriksaan terhadap FS semua hal itu mulai dari temuan kami Dokkes, temuan di Jambi, di siber maupun balistik," jelas Komisioner Komnas HAM, Chairul Anam.

"Pasti semua kami tanya karena beberapa poin penting itu jadi catatan kami untuk jadi bekal dalam mendalami peristiwa ini apakah ada pelanggaran HAM atau tidak dan semakin terang benderang," sambungnya.

Sebelumnya, Komnas HAM akan memeriksa tersangka kasus pembunuhan terhadap Brigadir J yakni, Ferdy Sambo, Kamis (11/8/2022). Pemeriksaan kali ini untuk menindaklanjuti penyidikan dan penyelidikan yang telah dilakukan.

Baca juga: Timsus Periksa Ferdy Sambo, Polri Koordinasi dengan Komnas HAM

"Sampai sore ini kami belum mendapatkan konfirmasi soal diperiksanya dimana dan lain sebagainya, pasti kalau ada konfirmasi kami akan beritahukan ke rekan rekan media," kata Komisioner Komnas HAM, Chairul Anam kepada wartawan di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2022).

Baca juga: Komnas HAM Jadwalkan Periksa Irjen Ferdy Sambo Siang Ini

Baca Juga: Salurkan BLT BBM kepada 20,65 Juta KPM, Ini Strategi Pos Indonesia

Selain memeriksa Ferdy Sambo, pihaknya juga akan memeriksa Istri dari Ferdy Sambo yakni, Putri Candrawathi pada keesokan harinya.

"Dua duanya kami sedang menunggu konfirmasi, Kami berharap bisa datang ke kantor komnas ham, namun demikian jika atas pertimbangan tertentu ya kita akan mengikuti pertimbangan yg terbaik," jelasnya.

Baca juga: Polri: Timsus Akan Periksa Kuat Ma'ruf di Bareskrim

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini