Share

Apresiasi Sipol, Airlangga Dukung Anggaran KPU RI Jadi Prioritas

Carlos Roy Fajarta, · Rabu 10 Agustus 2022 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 337 2645213 apresiasi-sipol-airlangga-dukung-anggaran-kpu-ri-jadi-prioritas-INuYj8j4cB.jfif Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto. (Dok Golkar)

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebutkan pihaknya mendukung anggaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menjadi prioritas. Ia mengatakan Pemilu adalah kegiatan yang memerlukan anggaran yang multi years.

"Untuk tahun 2022 pencairan tentu sesuai kebutuhan dan berbasis DIPA. Untuk tahun 2023 sudah disampaikan, anggaran KPU masuk dalam skala prioritas," ujar Airlangga, Rabu (10/8/2022).

Ia melihat Sistem Sipol (Sistem Informasi Partai Politik) yang disiapkan KPU RI juga menjadi tolak ukur modernisasi penyelenggaraan peserta pemilu. Semua persyaratan kepesertaan diinput melalui sistem ini.

"Asas transparansi dan akuntabel kepesertaan pemilu dapat dilihat di Sipol ini. Kami mengapresiasi KPU yang telah melaksanakan tahapan pemilu dengan baik. Tahun 2024 adalah pemilu yang ke-13 sejak pertama kali diadakan pemilu pada 1955, 1971 dan seterusnya," kata Airlangga.

Pembentukan KIB yang dideklarasikan di Plataran, Senayan, Jakarta, pada 4 Juni 2022, untuk menghadapi kontestasi politik akbar di tahun 2024, yakni Pilpres, Pileg dan Pilkada serentak diharapkan dapat mewujudkan semangat persatuan dalam aksi dan tindakan nyata.

Airlangga menegaskan, kunci mengatasi berbagai persoalan dan konflik adalah persatuan.

โ€œBeragam tantangan besar bakal dihadapi bangsa Indonesia, termasuk political storm. Untuk mencegahnya, kita perlu bersatu,โ€ kata Airlangga.

Segala tantangan yang dihadapi bangsa, ancaman resesi global, ketegangan geopolitik, stabilitas ekonomi dapat diatasi dengan politik persatuan.

"Kerja sama erat dengan seluruh pemimpin dan komponen masyarakat Indonesia, bersama-sama dalam menangani krisis, menjadi sangat penting," ucap Airlangga.

Ia berharap dengan keberadaan KIB dan semua elemen bangsa dapat mendorong politik persatuan yang melibatkan seluruh komponen bangsa.

"KIB mengajak seluruh masyarakat untuk optimistis menghadapi Pemilu 2024. Masyarakat berpartisipasi dalam pesta demokrasi dan semua pihak memastikan pemilu mengadopsi prinsip-prinsip good governance," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama-sama mendaftar ke Gedung Komisi Pemilu Umum (KPU) RI di Menteng Jakarta Pusat pada Rabu (10/8/2022) untuk mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini