Share

Demo di DPR, Ratusan Buruh Telah Berkumpul

Dimas Choirul, MNC Media · Rabu 10 Agustus 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 337 2645199 demo-di-dpr-ratusan-buruh-telah-berkumpul-hn7Kd9mfyd.jpg Buruh berkumpul di DPR untuk melakukan unjuk rasa. (MNC Portal/Dimas Choirul)

JAKARTA - Ratusan buruh dari berbagai elemen mulai berkumpul di depan Gedung DPR RI, Jakarta Pusat pada Rabu (10/8/2022). Mereka diketahui akan menggelar aksi menuntut pencabutan UU Omnibus Law hingga harga kebutuhan pokok diturunkan.

Berdasarkan pantauan MNC Portal di lokasi sekitar pukul 09.46 WIB, sejumlah elemen buruh yang terlihat hadir yakni dari Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI), Serikat Pekerja Astra Otopart Bogor (SPAWP).

Sementara itu, tampak pula satu mobil komando aksi telah disiapkan para buruh. Sembari menunggu massa lain datang, mereka melantunkan lagu-lagu perjuangan.

Terlihat pula petugas dari kepolisian ikut bersiaga di sekitar lokasi. Arus lalu lintas di sekitar lokasi juga terpantau ramai lancar.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat mengimbau masyarakat untuk menghindari kawasan Senayan dan Kompleks DPR/MPR.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Jakarta Pusat Kompol Purwanta membenarkan adanya pengalihan lalu lintas yang diberlakukan secara tentatif sesuai dengan jumlah massa dan kepadatan kendaraan.

Berikut tujuh poin rekayasa lalu lintas di sekitar Senayan terkait demo tersebut:

1. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gatot Subroto yang akan menuju gedung DPR/MPR belok ke kiri ke Jalan Gerbang Pemuda.

2. Arus lalu lintas dari arah Jalan Gerbang Pemuda yang akan belok ke kiri ke Jalan Gatot Subroto arah barat, putar balik di kolong layang Lagodi.

3. Arus lalu lintas dari tol dalam kota yang akan keluar di Offramp Pulo Dua diluruskan ke arah Tomang.

4. Pojokan Manggala Wanabakti dari Timur ke Barat, mengarah traffic light Slipi dan mengarah ke Stasiun Palmerah ditutup.

5. Arus lalu lintas dari Jalan Palmerah Timur ditutup menuju jalan Gelora, diluruskan ke Jalan Tentara Pelajar.

6. Arus lalu lintas dari Jalan Asia Afrika menuju Jalan Gelora belok ke kanan ke Jalan Gerbang Pemuda.

7. Arus lalu lintas dari Jalan Gerbang Pemuda menuju Jalan Gelora belok ke kiri ke Jalan Asia Afrika.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, aksi buruh digelar Gerakan Buruh Bersama Rakyat (Gebrak) dengan titik kumpul di bawah flyover Taman Ria, Senayan, Jakarta Pusat. Aksi rencananya dimulai pukul 09.00 WIB dengan sejumlah tuntutan antara lain menolak UU Cipta Kerja, membatalkan RKUHP hingga menurunkan harga kebutuhan pokok.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini