Share

LPSK Ungkap Istri Irjen Ferdy Sambo Ajukan Permohonan Bantuan Medis

Muhammad Farhan, MNC Portal · Rabu 10 Agustus 2022 10:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 10 337 2645150 lpsk-ungkap-istri-irjen-ferdy-sambo-ajukan-permohonan-bantuan-medis-LnqkiSIqKq.jpg Wakil Ketua LPSK Edwin Patogi Pasaribu/MPI

JAKARTA - Wakil Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK), Edwin Partogi Pasaribu menyampaikan kondisi istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC) saat asesmen psikologi di rumah pribadinya.

Menurut Edwin, berdasarkan laporan sementara tim asesmen psikologis LPSK, kondisi PC masih terguncang dan tampak terlihat dalam kondisi psikis yang tidak stabil.

Edwin juga menjelaskan PC telah mengajukan rehabilitasi medis karena tahap traumanya sudah sangat membutuhkan penangangan psikologis.

"Kalau psikiater kan itu dokter ya karena ada permohonan bantuan rehabilitasi medis yang disampaikan oleh ibu PC, selain rehabilitasi psikologis," ujar Edwin saat ditemui wartawan di Gedung LPSK, Rabu (10/8/2022).

Untuk itu, Edwin menjelaskan PC terlihat membutuhkan bantuan psikiater guna menyembuhkan trauma yang dialaminya.

"Ibu PC tampak terlihat masih terguncang, masih ada situasi psikis yang belum stabil, kadang masih menangis, masih sulit untuk berbicara. Nampaknya Ibu PC membutuhkan layanan psikiater, jadi sudah bukan psikolog lagi," lanjut Edwin kepada wartawan.

Edwin menjelaskan tim LPSK yang datang menemui kediaman pribadi PC terdiri dari dua orang yakni psikolog dan psikiater rujukan lembaganya.

Oleh karena itu, ia menegaskan proses assesment hanya melibatkan antara tim psikolog dan psikiater LPSK dengan PC semata.

"Kemarin proses assesment psikologis terhadap Ibu PC mulai pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Ada psikolog dan psikiater jadi ada dua orang. Jadi kami menghadirkan psikiater dan psikolog, jadi prosesnya antara psikiater psikolog dan ibu PC saja," terang Edwin.

Edwin pun menjelaskan kondisi trauma PC belum dapat dipastikan penyebabnya. Hal ini dikarenakan lembaganya masih menunggu hasil asesmen yang telah dikerjakan oleh tim psikolog dan psikiater rujukan LPSK.

"Kalau secara penampakan, terlihat adanya depresi. Tapi depresinya kenapa itu buat kami juga masih belum tahu Karena sejauh ini belum ada penjelasan yang terang," kata Edwin.

Sebelumnya, Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik mengatakan pihaknya bakal memeriksa istri mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi (PC), pekan ini.

Komnas HAM akan melibatkan Komnas Perempuan dalam pemeriksaan Putri Candrawathi.

"Sedang dalam fiksasi. Tapi hampir fix. Insya Allah dalam minggu ini kita (Komnas HAM dan PC) akan bertemu," ujar dia saat ditemui wartawan di kantor Komnas HAM, Jakarta, Selasa kemarin (9/8/2022).

"Ya kita tunggu kesiapannya berdasarkan keterangan ahli psikologi klinis yang mendampingi. Kalau dibutuhkan second opinion, kita akan hadirkan second opinion," tutur dia.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini