Share

Ungkap Keresahan Kasus Tewasnya Brigadir J, Bharada E Menulis Sendiri Tanpa Ditanya

Bachtiar Rojab, MNC Media · Selasa 09 Agustus 2022 22:59 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 337 2645004 ungkap-keresahan-kasus-tewasnya-brigadir-j-bharada-e-menulis-sendiri-tanpa-ditanya-4gEdJHHibG.jpg Bharada E saat di Komnas HAM (foto: dok MPI)

JAKARTA - Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum), Komjen Agung Budi Maryoto turut mengungkap keresahan satu dari empat tersangka pembunuhan Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, yakni Bharada E alias Bharada Richard Eliezer.

Agung mengatakan, terdapat hal menonjol saat diadakannya pemeriksaan terhadap Bharada E. Hal itu, ungkap Agung, saat Bharada E terlihat resah dan ingin menyampaikan unek-uneknya langsung secara tertulis.

"Yang bersangkutan pada saat dilaksanakan pemeriksaan mendalam ingin menyampaikan Unek-unek. Dia ingin menulis sendiri, tidak usah ditanya, Pak. Saya menulis sendiri," ujar Agung dalam jumpa pers, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (9/8/2022).

 BACA JUGA:Ketika Mahfud MD Berbincang dengan Ketua KPK Soal Kasus Kematian Brigadir J

Lebih lanjut, Agung menuturkan, Bharada E sudah mengaku sejak awal bahwa dialah salah satu aktor yang membunuh Brigadir J. Sehingga, kata Agung, Bharada E langsung menulis keterangan tersebut dengan dilengkapi cap jempol.

"Yang bersangkutan menulis dari awal bahwa dia melakukan adalah yang bersangkutan, dengan dilengkapi dengan cap jempol dan materai," paparnya.

 BACA JUGA:Ferdy Sambo Jadi Tersangka, Kuasa Hukum Keluarga Brigadir J: Tuntutan Sudah Terpenuhi

"Dari itulah pemeriksaan Diksus karena sudah ada unsur pidananya maka kita limpahkan kepada Bareskrim Polri untuk melakukan tindakan penyidikan lebih lanjut," sambungnya.

Sebelumnya, Polri menetapkan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo sebagai tersangka kasus penembakan terhadap Brigadir J oleh Bharada E. Dia dijerat dengan Pasal pembunuhan berencana atau Pasal 340 KUHP.

"Pasal 340 sub Pasal 338, Pasal 55, Pasal 56 KUHP ancaman maksimal hukuman mati penjara seumur hidup," kata Kabareskrim Komjen Agus Andrianto, Selasa (9/8/2022).

Selain itu, Bharada E, Brigadir RR dan KM ditetapkan sebagai tersangka. Mereka juga terjerat pasal pembunuhan berencana.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini