Share

Prakiraan Cuaca Seluruh Kota Besar di 34 Provinsi, BMKG: Hujan Masih Berpotensi Terjadi

Binti Mufarida, Sindonews · Rabu 10 Agustus 2022 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 337 2644993 prakiraan-cuaca-seluruh-kota-besar-di-34-provinsi-bmkg-hujan-masih-berpotensi-terjadi-8zqUwstj3C.jpg Illustrasi (foto: Okezone)

JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan saat ini masih ada potensi hujan meskipun telah memasuki musim kemarau. Hal ini disebabkan beberapa fenomena atmosfer yang mempengaruhi cuaca di wilayah Indonesia.

Fenomena atmosfer tersebut yakni adanya Bibit Siklon Tropis 97W yang terpantau di Laut Cina Selatan yang dapat menginduksi peningkatan kecepatan angin di atas 25 knot terutama di wilayah Laut Cina Selatan.

“Terpantau adanya sirkulasi siklonik di Samudra Pasifik Timur Filipina. Serta adanya daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin yang memanjang di Aceh, di Sumatera Selatan, di perairan sebelah barat daya Lampung, di sebelah Selatan Jawa, dari Jawa Timur hingga Jawa Tengah, di utara Kalimantan, di perairan sebelah selatan Nusa Tenggara, di laut Flores, dari Sulawesi Tenggara hingga Sulawesi Tengah, di laut Maluku, di Maluku Utara, di Maluku, dan dari Papua hingga Papua Barat,” ungkap Prakirawan BMKG, Andi Mario dalam keterangan resminya.

 BACA JUGA:Bibit Siklon Tropis 97W Menguat, BMKG: Waspada Gelombang Tinggi di Sejumlah Perairan!

Kondisi-kondisi ini, kata Andi, mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan-awan hujan dan juga gelombang tinggi di sekitar Bibit Siklon 97W, sekitar wilayah sirkulasi siklonik, dan juga di sepanjang daerah konvergensi.

Lalu, bagaimana prakiraan cuaca untuk seluruh kota-kota besar di 34 provinsi di wilayah Indonesia, Rabu 10 Agustus 2022.

 BACA JUGA:Ada Perubahan Iklim, Luhut Minta BMKG Berperan Aktif Jaga Ketahanan Pangan RI

Wilayah Sumatera:

Cuaca di wilayah Pulau Sumatera yakni di Kota Banda Aceh diprakirakan cerah. Sementara itu untuk kota Padang dan juga Kota Tanjungpinang diprakirakan akan berawan.

Untuk kota Medan, Jambi, Pekanbaru, Palembang, Pangkal Pinang dan juga Bandar Lampung diperkirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Perlu waspada bagi masyarakat yang berada di wilayah kota Bengkulu karena diperkirakan akan diguyur hujan disertai petir.

Wilayah Jawa:

 

Kemudian di wilayah Pulau Jawa, untuk besok hari Kota DKI Jakarta akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sementara itu untuk kota Serang esok hari diprakirakan berawan. Untuk kota Bandung esok hari diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Sementara kota Semarang diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Untuk kota Yogyakarta diperkirakan berawan, sementara Kota Surabaya diperkirakan cerah berawan.

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara:

Wilayah Bali dan Nusa Tenggara, untuk esok hari kota Denpasar diprakirakan berawan. Sementara Kota Mataram diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Dan untuk kota Kupang diprakirakan berawan.

Wilayah Kalimantan:

 

Wilayah Kalimantan, untuk esok hari sebagian besar wilayah Kalimantan berpotensi untuk diguyur hujan. Untuk wilayah Pontianak esok hari akhir akan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Begitupun dengan wilayah Tanjung Selor yang esok hari diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Sementara untuk kota Palangkaraya Banjarmasin yang juga Samarinda besok hari diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Wilayah Sulawesi:

 

Wilayah Sulawesi untuk esok hari sebagian besar wilayah Sulawesi juga berpotensi diguyur hujan. Untuk wilayah Kota Mamuju esok hari diperkirakan diguyur hujan dengan intensitas sedang. Sementara itu kota Makassar, Palu, Gorontalo, Manado dan juga Kendari esok hari diprakirakan diguyur hujan dengan intensitas ringan.

Wilayah Indonesia Timur:

Untuk esok hari di Kota Ternate diprakirakan akan diguyur hujan dengan intensitas ringan. Sementara untuk Kota Ambon diprakirakan hujan dengan intensitas sedang. Untuk Kota Manokwari esok hari diprakirakan Berawan dan untuk kota Jayapura diperkirakan hujan dengan intensitas ringan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini