Share

Mengenal Arti Brigadir dan Bharada dalam Tingkatan Pangkat Polisi

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Selasa 09 Agustus 2022 15:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 337 2644714 mengenal-arti-brigadir-dan-bharada-dalam-tingkatan-pangkat-polisi-XnT4fqoPvZ.jpg Ilustrasi (Foto: Okezone)

JAKARTA- Mengenal arti Brigadir dan Bharada dalam tingkatan pangkat Polisi bakal diulas. Dalam dunia kepolisian menurut Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Polri, ada 3 golongan pangkat kepolisian secara umum. Golongan pangkat itu, antara lain: Perwira, Bintara, dan Tamtama.

Jika menilik kasus polisi tembak polisi melibatkan Bharada E, dan Brigadir J yang masih bergulir hingga kini, diketahui keduanya memiliki pangkat yang berbeda. Banyak yang mengira jika kedua pangkat memiliki tingkatan yang tak jauh beda, namun pada kenyataannya kedua pangkat sangat berbeda.

Mengenal Arti Brigadir dan Bharada dalam tingkatan pangkat polisi berdasakan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Administrasi Kepangkatan Anggota Polri, Brigadir dan Bharada masuk dalam golongan yang berbeda.

Brigadir diketahui merupakan Bintara tingkat tiga di Kepolisian Republik Indonesia. Sebelum tahun 2001, pangkat ini disebut Sersan Kepala atau Serka, sama dengan pangkat yang setara di militer. Tanda kepangkatan yang dipakai adalah tiga buah segitiga bersusun dan berwarna perak. Dalam Peraturan Kapolri diketahui jika Brigadir memiliki empat klasifikasi yakni  Brigadir Polisi Kepala (Bripka) yang memiliki lambang 4 balok panah warna perak. Lalu, Brigadir Polisi (Brigpol) yang memiliki lambang 3 balok panah warna perak, serta

Brigadir Polisi Satu (Briptu) yang memiliki lambang 2 balok panah warna perak dan Brigadir Polisi Dua (Bripda) yang memiliki lambang 1 balok panah warna perak.

Sementara, Bharada adalah pangkat polisi dari golongan Tamtama. Bharada sendiri merupakan singkatan dari Bhayangkara Dua yang diketahui memiliki lambang 1 balok miring warna merah. Bharada adalah pangkat terendah dalam tingkatan pangkat polisi.

Sebagai informasi, dalam pangkat Tamtama sendiri terdapat 6 golongan kepangkatan, antara lain: Ajun Brigadir Polisi (Abrip), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu), Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda), Bhayangkara Kepala (Bharaka), Bhayangkara Satu (Bharatu), dan Bhayangkara Dua (Bharada).

Demikianlah penjelasan mengenal arti Brigadir dan Bharada dalam tingkatan pangkat polisi yang belum banyak orang tahu.

(RIN)

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini