Share

Pemburu Teroris di Belantara Poso, Begini Perjalanan Karier Bharada E di Pasukan Elite Brimob

Subhan Sabu, Okezone · Selasa 09 Agustus 2022 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 09 337 2644631 pemburu-teroris-di-belantara-poso-begini-perjalanan-karier-bharada-e-di-pasukan-elite-brimob-CU2yqMWttC.jpg Bharada E/tangkapan layar media sosial

MANADO – Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau lebih dikenal sebagai Bharada E pernah bertugas di daerah konflik, Poso, Sulawesi Tengah. Ichad, sapaan akrabnya bertugas di sana selama 10 bulan.

(Baca juga: Bharada E Tegaskan Tidak Mengetahui Pelecehan Seksual Brigadir J ke Istri Ferdy Sambo)

Bharada E sendiri diketahui sebagai ajudan mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo. Bharada E kini telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat di rumah dinas mantan Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo.

Roy Pudihang, paman dari Bharada E mengatakan bahwa Ichad mengikuti Seleksi Calon Anggota Polri di Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Utara.

"Dia masuk Tamtama Brimob dari sini kan, Polda Sulut, dia masuk, dia dapat ranking kemudian dia ke Watukosek, selesai pelantikan di Watukosek dia ditugaskan ke Poso,” ujar Roy Pudihang kepada Okezone, Selasa (9/8/2022).

β€œDari Poso dia ditarik kembali ke Brimob kelapa dua. Setahu saya begitu, jadi dia sudah pernah mengabdi kepada negara, mungkin sekitar 10 bulan dia di Poso," sambungnya.

Menurutnya, Ichad sebenarnya ingin mendaftar seleski calon anggota Polri calon Bintara, namun karena tidak memiliki cukup biaya, dia kemudian masuk calon Tamtama Brimob.

"Dia sampaikan ke saya ada penerimaan Brimob, saya sampaikan masuk saja. Dia masuk dan dapat ranking 1," ujarnya.

Menurutnya ada sekira delapan orang termasuk Ichad yang dikirim ke Watukosek. Setelah tamat, mereka kemudian dikirim ke Poso.

"Setelah tamat, mereka itu langsung dikirim ke Poso, Sekitar 10 bulan dia bertugas di sana di daerah konflik Poso," katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini