Share

Bung Karno Ternyata Pernah Ziarah Ke Makam Jayabaya Sebelum Proklamasikan Kemerdekaan

Solichan Arif (Koran Sindo), Koran Sindo · Selasa 09 Agustus 2022 07:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 337 2644210 bung-karno-ternyata-pernah-ziarah-ke-makam-jayabaya-sebelum-proklamasikan-kemerdekaan-6nzwsrgcnb.jpg Bung Karno. (Foto: ist.)

JAKARTA โ€“ Raja Jayabaya dari Kerajaan Kediri adalah tokoh yang dipercaya memiliki kekuatan mistis, yang dipercaya tidak meninggal dunia, melainkan moksa. Jayabaya juga dikenal dengan ramalannya, yang dikenal sebagai Jangka Jayabaya.

Pamuksan Sri Aji Jayabaya, tempat dimana Sang Raja dipercaya moksa hingga kini diyakini sebagai tempat keramat, yang didatangi banyak orang untuk mencari berkah. Di antara orang-orang itu adalah Soekarno, atau Bung Karno, Bapak Proklamasi Indonesia.

Konon, selama masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, Bung Karno dikabarkan pernah secara khusus mengunjungi Kediri dan berziarah di petilasan Jayabaya yang terletak di Desa Mamenang atau Menang, Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri.

โ€œSebelum memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, presiden pertama negara baru itu, Soekarno, dikabarkan berziarah tiga kali ke Pamuksan Sri Aji Jayabaya,โ€ tulis George Quinn dalam buku Wali Berandal Tanah Jawa.

Jayabaya dipercaya telah meramalkan Soekarno sebagai penguasa Tanah Jawa. Ramalan itu diyakini tercantum dalam dua bait Jangka Jayabaya yang menyebutkan tentang Garuda Nwangga, yang dianggap merujuk pada Bung Karno.

Baca Berita Selengkapnya:ย Terungkap Bung Karno Minta Restu Raja Jayabaya Kediri Sebelum Proklamasikan Kemerdekaan

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini