Share

4 Kota yang Jadi Pusat Kerajaan Hindu-Islam

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Selasa 09 Agustus 2022 07:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 337 2644184 4-kota-yang-jadi-pusat-kerajaan-hindu-islam-Ep5l5Btxpe.jpeg Empat kota yang menjadi pusat dari kerajaan Hindu-Islam. (Ilustrasi/Okezone)

SEJUMLAH kerajaan tersebar di berbagai wilayah Nusantara sebelum Indonesia merdeka. Berikut merupakan beberapa kota yang dulunya menjadi pusat kerajaan, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (9/8/2022) :

1. Kediri

Kota Kediri merupakan salah satu daerah yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kini kota ini dikenal sebagai kota yang memiliki pusat pelatihan Bahasa Inggris bernama Kampung Inggris.

Selain itu, di kota ini juga terdapat beberapa situs bersejarah berupa candi. Keberadaan dari candi-candi tersebut ternyata tidak luput dari kisah sejarah di masa lalu. Rupanya Kota Kediri merupakan pusat kerajaan dari Kerajaan Kediri.

Kerajaan Kediri merupakan kerajaan bercorak Hindu yang eksis pada abad ke-12. Pada 1041 masehi, kerajaan ini dibagi menjadi dua bagian oleh Raja Airlangga. Dua bagian kerajaan itu diberi nama Kerajaan Jenggala dan Kerajaan Panjalu.

Situs sejarah yang merupakan peninggalan kerajaan ini dapat dilihat keberadaannya di Kota Kediri. Salah satunya adalah Candi Penataran. Dulu candi ini digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara pemujaan untuk menangkal bahaya Gunung Kelud. Selain itu, dapat ditemukan beberapa arca kuno peninggalan Kerajaan Kediri berupa patung Dewa Siwa Catur Muka yang ditemukan di Desa Gayam, Kediri.

2. Palembang

Kota Palembang sangat terkenal dengan ikon kulinernya, empek-empek. Selain itu, Kota Palembang memiliki kain songket yang disebut-sebut sebagai ratu dari kain.

Ternyata di balik keindahan kain songket Palembang, ada fakta-fakta sejarah yang menyebutkan bahwa Kota Palembang pernah menjadi pusat dari kerajaan Nusantara. Kerajaan tersebut adalah Kerajaan Sriwijaya.

Kain songket merupakan salah satu peninggalan dari Kerajaan Sriwijaya. Dulu kain ini sering digunakan dalam acara khusus adat kerajaan bercorak Islam tersebut.

Dilansir dari Okezone.com, pusat kerajaan Sriwijaya diduga kuat berada di Kota Palembang pada masa kejayaan abad ke-7 hingga 9. Hal ini dibuktikan dengan adanya prasasti dan juga situs Sriwijaya yang ditemukan di sekitar Palembang. Adapun beberapa prasasti tersebut merupakan Prasasti Boom Baru, Kedukan Bukit, Prasasti Talang Tuo, Prasasti Telaga Batu, dan Prasasti Pendek di Bukit Siguntang.

3. Mojokerto

Kota Mojokerto merupakan pusat kerajaan pertama dari Kerajaan Majapahit. Kala itu, Kerajaan Majapahit berada dalam kepemimpinan Raden Wijaya atau Kertarajasa Jayawardhana.

Kerajaan Majapahit merupakan kerajaan terbesar di Nusantara di mana kerajaan ini juga menjadi pusat perdagangan di Asia Tenggara. Meskipun begitu, kerajaan ini sempat mengalami tiga kali perpindahan pusat pemerintahan. Karena itu, ada kota lain selain Mojokerto yang sempat menjadi pusat Kerajaan Majapahit, yaitu Trowulan dan Kediri.

4. Yogyakarta

Kota Yogyakarta memiliki banyak julukan. Kota ini disebut sebagai kota pelajar, wisata, dan juga budaya. Kota ini dahulu merupakan pusat wilayah dari salah satu kerajaan Hindu yang memiliki kemakmuran dan peradaban yang luar biasa.

Ketika berkunjung ke Yogyakarta, dapat singgah untuk melihat Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang memiliki arsitektur yang megah. Ternyata kemegahan candi tersebut memiliki sangkut paut dengan adanya Kerajaan Mataram Kuno. Candi Borobudur dan Candi Prambanan merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

Kerajaan ini dipimpin tiga dinasti, di antaranya Dinasti Sanjaya, Dinasti Syailendra, dan Dinasti Isyana. Sebelum keruntuhannya, Kerajaan Mataram Kuno sempat dikenal sebagai kerajaan yang makmur dengan rakyat yang sejahtera. Selain itu, kerajaan ini juga digunakan sebagai pusat pembelajaran agama Hindu kala itu. (Diolah dari Berbagai Sumber/Litbang MPI/Stefani Ira Pratiwi)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini