Share

Bawaslu Telusuri soal Pencatutan Nama Penyelenggara Pemilu oleh Parpol

Felldy Utama, iNews · Senin 08 Agustus 2022 14:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 08 337 2643983 bawaslu-telusuri-soal-pencatutan-nama-penyelenggara-pemilu-oleh-parpol-DjEIEy4aG3.jpg Ilustrasi (Foto: Dokumentasi Okezone)

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menindaklanjuti persoalan pencatutan nama penyelenggara Pemilu secara sepihak oleh partai politik. Sebelumnya, persoalan ini telah diungkapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Sekarang kita lagi mendata menelusuri info awal tersebut untuk kami jadikan apakah ini temuan, ataukah nanti masuk pelanggaran admininstrasi atau pelanggaran hukum lain,” kata Ketua Bawaslu, Rahmat Bagja dikutip Senin (8/8/2022).

Sementara, Anggota Bawaslu Herwyn J.H. Malonda mengamini ihwal adanya kelemahan dalam sistem informasi partai politik (Sipol) yang belum bisa mendeteksi apakah pihak-pihak bisa dilarang masuk di dalamnya.

β€œBisa saja karena kesengajaan parpol atau memang yang bersangkutan masuk sebagai anggota parpol, bagi Bawaslu data KPU bahwa ada anggota atau staf KPU yang masuk ke Sipol, di Bawaslu juga sudah kami instruksikan untuk mendata nantinya kami secara internal akan menjadikan ini temuan,” ujar Herwyn

Setelah ini, kata dia, Bawaslu akan menindaklanjutinya ke parpol untuk mengetahui apakah ada kesengajaan atau ada faktor lain.

β€œdan nantinya informasi seperti temen KPU juga akan kita koordinasi untuk tindaklanjuti. Apakah ada unsur kelalaian atau kesengajaan mencatut nama seseorang itu masuk ranah penanganan pelanggaran,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini